Bagaimana Sebuah Ban dibuat

 

Ada banyak bagian untuk membuat sebuah ban Goodyear dan setiap bagian memainkan peran penting untuk memastikan performa kendaraan dan terutama, tentu saja keselamatan Anda

 

Komponen sebuah Ban
Beads
Terbuat dari baja kekuatan tinggi lilit-karet, menciptakan segel bertekanan kedap udara antara ban dan velg pada roda.

Belt
Sabuk baja ditempatkan disekeliling ban untuk memperkuat dan menghasilkan bentuk tetap. Terbuat dari pintalan kawat baja lilit-karet. Kadangkala tali Kevlar ditambahkan untuk menghasilkan kekuatan ekstra, tahan tusuk dan ketahanan.

Ply
Lapisan (plies) adalah tumpukan lembaran yang membentuk kerangka ban, dan biasanya terbuat dari pintalan serat fiber berlapis karet. Konstruksi ini membuat ban menjadi lentur. Setiap lapisnya disebut lapisan karkas yang disusun langsung diatas bagian dalam ban dan memberikan kekuatan pada ban.

Dinding Samping
Merujuk pada bagian yang memiliki karet ekstra-tebal dari mulai beads sampai telapak dan membuat ban kamu memiliki kestabilan lateral. Kamu juga bisa mendapat semua informasi mengenai ban di area ini.

Sipe dan Groove
Terletak di blok telapak, biasanya dibagi ke dalam beberapa celah (groove) dalam yang memungkinkan ban memecah air, salju dan lumpur. Sedang sipes adalah celah yang lebih kecil atau berbentuk sobekan di blok telapaknya langsung sehingga memberi cengkeraman yang lebih baik, penting bagi ban peruntukan salju dan es.

Shoulder
Ban kamu memiliki pinggiran siku sebelum dinding samping. Didisain dan dibuat demikian rupa yang penting ketika ban membantu kamu berbelok.

Telapak
Ini adalah area dimana ban bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Berfungsi memberikan kenyamanan dan cengkeraman, disain dan kompon ban akan menentukan fitur penting dari performa ban kamu.

 

Proses Pembuatan Ban

Campuran
Campuran ban yang digunakan untuk karet ban kamu terdiri dari lebih 30 jenis. Proporsi setiap jenisnya tergantung pada tujuan performa ban yang dikehendaki. Beberapa jenis karet, isian dan beberapa campuran, dicampur dalam pencampur raksasa yang dikenal sebagai mikser Banbury. Hasilnya kompon hitam yang akan lanjut ke proses penggilingan.

Penggilingan
Setelah karet dingin, lalu dikirimkan ke penggilingan khusus dimana karet tadi akan dipotong dalam bentuk strip panjang yang menjadi struktur dasar ban kamu. Pada proses penggilingan, elemen lain dari ban akan ditambahkan, diantaranya kemudian akan dilapis menjadi karet yang lain.

Pembentukan
Ban itu sendiri dibentuk dari dalam keluar. Elemen tekstil, sabuk baja, beads, ply, tread dan komponen lainnya akan ditempatkan pada mesin pembuat-ban yang memastikan setiap bagian tadi terpasang benar pada tempatnya. Hasilnya adalah ban setengah jadi, disebut sebagai “green tyre”.

Mengembangkan
“Green tyre” tadi lalu divulkanisir di dalam cetakan panas di press curing, memadatkan semua bagian dari ban menjadi satu dan memberi bentuk akhir pada ban, termasuk pola (kembangan) telapak dan semua tanda baca manufakturing di dinding samping ban.