preload

Keselamatan Pertanyaan

Membeli Ban

Kapan kita harus membeli ban?
Agar berkendara dapat lebih dinikmati, sangat disarankan untuk segera mengganti ban yang sudah aus/tipis/gundul. Traksi yang optimal akan membuat kendaraan Anda lebih responsif saat dikendalikan, sehingga perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

Sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksa ban pada beberapa bagiannya. Pastikan untuk selalu memeriksa bagian dalam, luar dan tengah kembangan, karena dapat terjadi keausan/tipis/gundul pada bagian berbeda dari setiap bannya. Ini terjadi karena penyelarasan arah roda yang kurang baik dan/atau ban yang kurang angin/tekanan udara.

Jika memerlukan bantuan, datanglah ke Goodyear store untuk pemeriksaan gratis oleh tenaga ahli kami.
Memilih ban baru? Apa saja yang harus dipertimbangkan?
  • Carilah ban yang lolos hasil uji pengereman dan pengendalian.
  • Saat memilih ban, selalu pertimbangkan faktor-faktor berikut: pola kembangan/telapak, kenyamanan, tingkat kebisingan dan daya gulir.
  • Pemilihan ban juga bergantung pada daerah di mana Anda tinggal, cuaca serta kondisi jalan, performa seperti apa yang Anda harapkan, dan spesifikasi apa yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan Anda.
Kembali ke awal

Perjalanan Jarak Jauh: Persiapan

Persiapan kendaraan untuk perjalanan jarak jauh

Periksalah:

  • Tekanan udara ban. Berkendara dengan nyaman dimulai dari ban Anda. Periksa tekanan udara ban sebelum berangkat. Tekanan juga diperiksa setidaknya 1 kali dalam sebulan. CATATAN: Tekanan udara pada ban harus selalu disesuaikan, dengan mengacu ke anjuran pabrik yang tertera pada kendaraan atau buku panduan. Jangan mengisi udara melebihi batas maksimum yang tertera pada bagian sidewall ban.1
  • Saringan udara. Mengganti saringan udara yang kotor dapat membuat konsumsi BBM menjadi lebih hemat.
  • Busi. Busi yang sudah aus atau kotor tidak mampu bekerja maksimal, akibatnya BBM bisa terbuang – mengganti busi sesuai anjuran buku panduan kendaraan akan meningkatkan performa kendaraan, dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik.
  • Tutup bensin. Rusak, kendor atau hilangnya tutup bensin akan membuat BBM terbuang percuma.

1 “Be Tyre Smart,” Rubber Manufacturer’s Association.

Kembali ke awal

Tips Memaksimalkan Umur Pakai Ban

Perawatan Ban: Bagaimana caranya agar ban saya tetap nyaman dan berperforma baik?
  • Periksa tekanan udara ban setiap 4.500 km, agar kendaraan tetap melaju dengan nyaman dan berimbang antar tekanan undara tiap bannya, sehingga efisiensi bahan bakar bisa dicapai.
  • CATATAN: Usahakan penambahan angin/tekanan udara dilakukan saat ban dalam keadaan dingin, dengan mengacu ke anjuran pabrik yang tertera pada kendaraan atau buku panduan. Jangan mengisi udara melebihi batas maksimum yang tertera pada bagian sidewall ban.1.
  • Rotasi-kan ban setiap 10.000-13.000 km, agar penipisan/keausan tapak menjadi seimbang di setiap bannya.
  • Pastikan apakah penyelarasan arah roda sudah sesuai dengan buku panduan, atau lakukan penyelarasan apabila gejala pull pada ban mulai terasa (setir membuang kekiri/kanan).
  • Waspada terhadap perubahan fisik ban (terutama bentuk tapak) yang bisa dilihat dengan kasat mata, karena bisa merupakan indikasi dari kesalahan penyelarasan atau penambahan angin/tekanan udara.
  • Untuk informasi lebih lanjut, klik Personal Tyre Care section.
  • 1“Be Tyre Smart,” Rubber Manufacturer’s Association

Tekanan Ban: Mengapa Penting?
  • Tekanan ban yang kurang tepat dapat menjadi sumber dari berbagai masalah – mulai dari keausan dan putaran ban yang tidak merata, kerusakan struktural, bahkan hingga konsumsi bahan bakar yang menjadi boros. Menjaga tekanan ban dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sehingga menghemat pengeluaran kita. Periksa tekanan ban setidaknya 1 kali dalam sebulan, dan/atau saat perjalanan jauh.
  • Goodyear merekomendasikan Anda untuk memeriksa tekanan ban setidaknya 1 kali dalam sebulan, atau saat memulai perjalanan jauh. Tekanan ban harus mengacu ke standard yang sudah ditetapkan pabrik pembuat kendaraan. Biasanya tertera di buku panduan pemilik, atau pada bagian pintu kendaran.
  • - Proper vehicle and tyre maintenance is a good investment because it translates into optimum driving performance, significant cost savings, and better fuel mileage. Perawatan kendaraan dan ban yang baik merupakan sebuah investasi, karena akan meningkatkan performa kendaraan, menghemat biaya secara signifikan, dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.
Kembali ke awal

Perawatan

Berapakah tekanan ban yang baik?
Pengisian tekanan udara/angin yang tepat adalah bagian penting dari perawatan ban. Nilai tekanan yang tertera pada bagian sisi ban adalah tekanan maksimum yang dapat diterima oleh sebuah ban agar tetap dapat digunakan dengan aman. Angka ini bukanlah acuan untuk tekanan ban yang tepat bagi mobil Anda. Selalu gunakan acuan tekanan ban standard pabrik pembuat kendaraan yang tertera pada bagian pintu atau buku petunjuk.

Usahakan untuk memeriksa tekanan ban pada saat keadaan dingin (ketika kendaraan baru berjalan tidak lebih dari 1 – 1,5 km, atau baru menempuh 1 jam perjalanan). Gunakan alat pengukur tekanan yang berkualitas baik. Patut diingat bahwa merupakan hal yang umum bila bagian sisi ban radial terlihat menonjol pada tekanan yang tepat untuk ban tersebut. Periksa atau sesuaikan tekanan secara berkala setiap beberapa minggu, menjelang keberangkatan perjalanan jauh, atau bila hendak membawa beban berat. Jangan lupa untuk memeriksa ban cadangan!. Toko Goodyear di sekitar Anda dapat memberikan penjelasan lebih jauh tentang pengisian tekanan udara/angina pada ban.
Apakah yang dimaksud dengan penyelarasan ban?
Apabila kendaraan telah melewati proses penyelarasan/alignment, maka suku cadang suspensi/kaki-kaki dan stir-nya berfungsi dengan baik, serta ban dan velg-nya terpasang dengan benar. Proses penyelarasan yang baik mutlak diperlukan agar tingkat keausan ban seimbang, dan kontrol stir menjadi presisi. Tingkat keausan yang berbeda antara ban depan dan belakang, pergerakan stir yang berubah, serta stir yang membuang ke kanan/kiri biasanya menunjukkan hasil penyelarasan yang kurang baik.

Saat ini sudah banyak kendaraan yang dilengkapi dengan suspensi belakang yang bisa diatur/adjust untuk keperluan penyelarasan. Kendaraan Anda mungkin hanya membutuhkan penyelarasan ban depan, atau bahkan penyelarasan untuk ke 4 rodanya, bergantung ke gejala apa yang dirasakan. Harga yang dibayarkan untuk penyelarasan/alignment cukup sepadan dengan manfaat yang didapat; seperti umur pakai ban yang lebih panjang, performa serta kenyamanan. Toko Goodyear menyediakan jasa professional untuk penyelarasan dan suspensi.
Mengapa balancing perlu untuk ban?
Ban yang sudah melewati proses balancing sangat berpengaruh terhadap umur pakai dan kenyamanannya. Ban yang belum melewati proses balancing akan menyebabkan getaran pada kendaraan yang dapat membuat lelah pengendara, ban lebih cepat haus, dan kerusakan kaki-kaki. Ban harus kembali di-balancing begitu gejala bergetar pada stir mulai terasa. Getaran bisa juga disebabkan karena problem mekanis atau penyelarasan yang salah, bawalah kendaraan ke took Goodyear untuk pemeriksaan profesional yang lebih seksama.
Bukankah mudah memasang ban? Bisakah saya melakukannya sendiri?
Dianjurkan agar Anda tidak memasang ban sendiri. Pemasangan ban membutuhkan pengalaman dan perlengkapan yang tepat. Jika mencoba untuk memasang sendiri ban, Anda mengambil resiko cidera, selain itu juga kemungkinan menjadi rusaknya ban dan velg.
Amankah untuk menambal ban/membetulkan ban rusak?
Apabila ban kehilangan sebagian atau keseluruhan tekanan/anginnya, maka ban perlu dilepaskan dari velg untuk pemeriksaan internal menyeluruh agar dapat mendeteksi kerusakan lain. Ban yang dipaksakan berjalan dalam keadaan rusak/kempes bahkan untuk jarak pendek sekalipun pada umumnya akan rusak permanen. Benjolan, bekas paku, atau sobek pada bagian tapak/kembangan yang dalam/panjangnya tidak lebih dari ¼ inci kemungkinan masih bisa diperbaiki/tambal oleh tenaga ahli dengan alat khusus dan metode yang memenuhi standard industri. Sobek/benjolan dengan panjang lebih dari ¼ inci pada bagian sisi ban/sidewall tidak bisa diperbaiki.

Selain itu, ban yang mulai gundul (kurang dari 1,6 mm kedalaman kembangannya) sangat berisiko untuk diperbaiki. Cara yang paling aman adalah dengan selalu menyiapkan ban cadangan. Pastikan ban cadangan dalam kondisi siap pakai dan jangan lupa untuk mencek tekanannya secara berkala. Pastikan juga Anda mengetahui angka maksimum tekanan, kecepatan dan jarak penggunaan/umur pakai ban cadangan yang tertera di sisi ban.
Haruskah ban dirotasi?
Rotasi berkala dengan prosedur yang benar akan membuat tingkat keausan menjadi seimbang. Ban dapat dirotasi dengan pola ’X’, dimana ban yang akan dipindahkan ke sumbu penggerak dipasangkan berlawanan dari posisi sebelumnya (belakang/depan kanan ke belakang/depan kiri; bergantung kepada sumbu penggeraknya). 2 ban yang lain dipindahkan ke sumbu non penggerak pada sisi yang sama (kanan tetap di kanan; kiri tetap di kiri).

Pola ini akan menyeimbangkan tingat keausan pada ke 4 bannya, kecuali untuk ban dengan pola tapak/kembangan “directional”. Ban dengan tipe tapak/kembangan ini harus tetap berada pada sisi yang sama (kiri tetap di kiri, kanan tetap di kanan), sehingga pola rotasi-nya menjadi depan ke belakang; belakang ke depan

Untuk kendaraan berpenggerak 4 roda (4WD), direkomendasikan untuk menukar kedua pasang ban ke posisi baru pada sumbu yang lainnya.

Rotasikan ban setidaknya setiap 10.000 km untuk mobil berpenggerak 2 roda, dan setiap 6.000 km untuk mobil berpenggerak 4 roda. Selalu mengacu ke buku panduan kendaraan untuk perotasian ban. Rotasi perdana adalah yang paling krusial. Setelah ban dirotasi, tekanan udara pada ban juga harus sesuai dengan buku panduan.
Berapa lama ban standar (OEM/bawaan pabrik) dapat bertahan?
Karena berbagai macamnya jenis ban, fitur konstruksi, campuran bahan, penggunaan pada kendaraan, kondisi geografis dan karakter mengemudi, maka sulit bagi Goodyear untuk menghitung umur pakai yang diharapkan dari ban standard/bawaan pabrik yang digunakan pada kendaraan.

Apapun itu, semua pertanyaan maupun keluhan Anda mengenai ban yang digunakan, dapat Anda tanyakan ke toko Goodyear untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Toko kami memberikan garansi, termasuk untuk ban yang digunakan sebagai pengganti ban standar (syarat & ketentuan berlaku).
Kapankah saatnya ban diganti dengan yang baru?
Hampir semua ban memiliki tanda batas aus (tread wear indicator) yang tercetak pada ban. Ketika tapak/kembangan sudah cukup aus hingga tampak garis melintang pada bagian lebar ban, maka ituah saatnya untuk mengganti ban dengan yang baru.
Dapatkah karakter mengemudi mempengaruhi umur pakai ban?
Karakter mengemudi dapat mempengaruhi umur ban. Berikut ini beberapa tips yang dapat memperpanjang umur ban:
  • Kecepatan tinggi akan menghasilkan panas berlebih, yang akan membuat ban menjadi lebih cepat aus, dan berkurangnya daya tahan.
  • Hindari menikung dengan kecepatan tinggi, baik pada tikungan tajam maupun putaran. Hindari juga awalan yang terlalu cepat (fast start) atau berhenti secara mendadak.
  • Jangan menjalankan kendaraan di bagian sudut atau melewati trotoar. Hindari juga lubang atau gangguan kondisi fisik jalan lainnya.
Haruskah ban selalu diganti dengan ukuran yang sama?
Jangan mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran standar-nya. Ban hendaknya diganti dengan ukuran yang sesuai spesifikasi anjuran pabrik, atau opsi yang masih direkomendasikan pabrik. Bisa juga Anda mengganti ban sesuai spesifikasi yang direkomendasikan toko Goodyear.
Ketika hanya 2 ban yang dibeli, dipasang di depan atau di belakang?
Apabila ban radial dan ban bias digunakan pada mobil yang sama, maka ban radial harus dipasang di sumbu belakang. Jangan memasang ban radial dan ban bias pada sumbu yang sama. Apabila sepasang ban baru yang dibeli mempunyai spesifikasi dengan ban standar yang sudah terpasang, maka dianjurkan untuk dipasang di sumbu belakang. Bila yang akan diganti hanya 1 unit ban, maka ban baru harus dipasangkan dengan ban lama yang masih dalam kembangannya.
Apakah ban baru perlu perlakuan khusus?
Ban baru akan terasa berbeda dengan ban lama. Menyetirlah dengan hati-hati sambil merasakan performa dan pengendaliannya hingga menjadi familiar. Terapkan perlakuan khusus saat pengereman, berakselerasi, menikung atau berkendara saat hujan, karena pada saat-saat itulah perbedaan antara ban baru dengan ban lama lebih terasa.
Perlukah mengkombinasikan tipe ban pada mobil baru?
Perbedaan tipe, konstruksi, dan ukuran ban yang dipasang pada mobil yang sama, akan mempengaruhi stabilitas dan pengendalian dari mobil tersebut. Untuk performa segala medan yang baik, direkomendasikan untuk menggunakan ukuran ban yang sama, baik konstruksi (radial atau non-radial) maupun batasan kecepatannya. Jika ban dengan tingkat kecepatan berbeda dipasang pada kendaraan yang sama, maka ban dengan ukuran, tingkat kecepatan, dan tipe yang sama dipasang pada sumbu yang sama. Dimana ban dengan tingkat kecepatan yang lebih rendah dijadikan patokan atas batas maksimum kecepatan yang bisa diterima oleh ke 4 ban. Tidak direkomendasikan untuk memasang ban radial dan bias pada sumbu yang sama.
Tindakan apa yang perlu dilakukan bila ada getaran?
Getaran menandakan adanya masalah pada kendaraan dan perlu segera ditindak lanjuti. Ban, sistem kemudi dan kaki-kaki perlu segera diperiksa untuk mengetahui sumber getaran, dan bagaimana pencegahannya. Jika tidak segera ditindak lanjuti maka dapat menyebabkan kerusakan pada ban dan kaki-kaki. Beresiko untuk menjadi penyebab bahaya.
Ban kempis. Ditanggungkah oleh garansi Goodyear Worry Free?
Karena penyebab kempisnya ban bisa bermacam-macam, hubungi toko Goodyear terdekat untuk informasi lebih lanjut mengenai program garansi Goodyear Worry Free.

Beberapa penyebab umum berkurangnya tekanan udara pada ban:
  • Kerusakan karena kondisi jalan (benturan, sobek yang terjadi pada lapisan atau sisi ban)
  • Bocor pada pentil (rusak, kendor, atau karet pentil sudah getas)
  • Kebocoran di sekitar area bead/lingkaran dalam (biasanya diakibatkan oleh karat pada velg, sehingga terbentuk sedikit rongga antara ban dan velg; bisa juga rusak akibat kesalahan prosedur pemasangan ban; atau velg yang tidak bulat/peang)
Informasi apa saja yang ada pada bagian sisi ban?
Gunakan diagram berikut ini untuk mengetahui ukuran dan informasi lainnya mengenai ban Anda:
  1. Lebar ban (dalam milimeter)
  2. Aspek rasio (%)
  3. Konstruksi (R=Radial)
  4. Diameter velg (dalam inci)
  5. Menunjukkan indeks beban (load index/Li)
  6. Simbol kecepatan/tingkat kecepatan
  7. Menunjukkan ban TUBELESS
  8. Letak dari tread wear indicator
  9. ECE Type approval mark and number
  10. M&S (Mud & Snow) bisa digunakan untuk musim dingin
  11. Waktu produksi (minggu, tahun)
  12. Tanda lulus uji Badan Transportasi/Department of Transportation (D.O.T.)
  13. Kode produsen D.O.T
  14. Negara produksi
  15. Nama/merk ban
  16. Detail konstruksi ban (D.O.T.)
  17. Tanda Muatan dan tekanan (D.O.T.)
  18. Tipe ban (radial)
  19. Simbol dari Badan Informasi Konsumen Amerika (tingkatan kualitas)
FAQ-sidewall-tyremarkings
Kembali ke awal