preload

Petunjuk Pemeliharaan dan Perbaikan Ban

 

Cara termudah memastikan pencapaian jarak pemakaian yang memuaskan dan performa maksimal dari ban Goodyear Anda adalah dengan melakukan hal sederhana, inspeksi bulanan atas tekanan angin, keausan telapak dan kerusakan.

Pelihara tekanan angin pada ban
Tekanan angin yang tepat selain akan memberikan performa ban terbaik, juga keamanan dan hemat bensin. Ingatlah selalu untuk memeriksa tekanan angin (setidaknya sebulan sekali) dengan alat pemeriksa (dalam keadaan ban dingin).

Jagalah tekanan angin sesuai rekomendasi
Anda bisa temukan rekomendasi itu pada stiker di pintu mobil, tutup pintu bensin dan tentu saja di buku petunjuk pemilik. Menjaga tekanan angin adalah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang masa pakai ban dan ketahanannya.

Ban yang kempes bisa menyebabkan kerusakan permanen dan memperparah kondisi kerusakan ban serta hilangnya tekanan angin. Mengurangi kapasitas bebannya, menyebabkan tekanan berlebihan pada dinding samping ban, meningkatkan hambatan putar ban, menyebabkan panas berlebih, boros pemakaian bbm dan kerusakan mekanik pada roda.

Sementara tekanan berlebihan memperkeras ban yang mengurangi kenyamanan berkendara dan bisa menyebabkan getaran. Juga bisa meningkatkan kemungkinan kerusakan akibat benturan.

Jangan putar ban berlebihan
Hindari memutar berlebihan saat ban terjebak di salju, es, lumpur atau pasir. Karena hal ini bisa menyebabkan panas berlebih dan kerusakan parah. Lakukan gerakan maju dan mundur perlahan untuk membebaskan kendaraan dari jebakan. Jangan berdiri didekat mobil baik di depan atau di belakangnya saat kondisi ini dijalankan, atau mendorongnya keluar saat ban mobil berputar kencang.

Periksa kembangan telapak ban
Segera ganti kalau telapak ban sudah kurang dari 1,6mm di atas penanda keausan. Indikator penanda keausan ban biasanya akan tampak seperti jalur menonjol di dalam paritan (groove) telapak. Tergelincir di jalur basah gampang terjadi karena ban yang gundul atau hampir gundul. Ban yang sudah aus juga mudah sekali mengalami tusukan.


Periksa kerusakan yang mungkin terjadi
Setidaknya sebulan sekali harus dilakukan pemeriksaan atas kondisi kerusakan ban dan kondisi umum lainnya yang terkait keamanan. Jika Anda memiliki pertanyaan, Segera hubungi toko ban Anda untuk memeriksa, bila ada pertanyaan. Benturan, tusukan, retak, bunting, gembung atau bahkan kempes membutuhkan penggantian ban dan pemeriksaan dari tenaga ahli.

Proper tyre repair
Catatan: Goodyear tidak memberikan jaminan pemeriksaan ataupun proses perbaikan. Perbaikan seluruhnya adalah tanggung jawab dari toko dan perbaikan seharusnya sesuai dengan prosedur Rubber Manufacturers Association (RMA).

Sistem monitoring dini tekanan angin
Lihat buku panduan pemiki kendaraan untuk informasi apa yang harus dilakukan jika tanda monitoring dini tekanan angin aktif.

Jangan mencoba memasang ban sendiri
Bisa terjadi kecelakaan yang serius dari ledakan ban yang tidak terpasang sempurna. Pastikan bahwa instruksi pabrikan ban telah diikuti dan ban sesuai rim diameter velg roda. Hanya tenaga terlatih yang boleh melakukan hal ini.

Jangan campurkan ban berbeda tipe dan ukuran dalam satu poros
Untuk handling dan penguasaan kendaraan yang sempurna, Goodyear menyarankan penggunaan ban berukuran dan tipe yang sama sesuai anjuran pabrikan mobil.

 

Waspada
Sebelum mengganti ban, perhatikan buku petunjuk pemilik dan ikuti rekomendasi pabrikan mobil untuk ban pengganti. Handling kendaraan mungkin akan sedikit berubah karena perubahan ukuran dan tipe ban yang digunakan. Ketika memilih ban yang berbeda ukuran dari ban bawaan aslinya, coba diskusikan dulu dengan mekanik untuk memastikan ruang gerak roda yang tepat, kapasitas daya beban, dan tekanan angin yang dianjurkan. Jangan melebihi kapasitas daya beban dan tekanan angin anjuran seperti yang ada di dinding samping luar ban. Ketika mengganti ban, sebaiknya kamu mengikuti diameter sisi luar dan kapasitas daya beban awal sesuai anjuran pabrikan mobil. Tekanan angin mungkin harus disesuaikan untuk menghindari beban berlebih pada ban. Perhatikan ETRTO atau JATMA standard untuk tabel Tekanan Angin dan Beban Ban Berbanding Ukuran Velg untuk informasi tekanan angin dan beban.

Dilarang menggunakan ban dengan kemampuan daya beban yang lebih rendah dari anjuran pabrikan mobil
Pastikan bahwa ban setidaknya memiliki kemampuan daya beban sebanding dengan rekomendasi spesifikasi awal pabrikan mobil atau lebih tinggi lagi.

CATATAN: Produk Goodyear dan/atau ban yang dipasarkan untuk mobil penumpang dengan Matriks standard Eropa dan P-Metric bisa ditukar-pasangkan selama memiliki aspek rasio, lebar telapak dan diameter velg yang sama.

PERHATIAN: Jangan pernah mengganti ban “Standard Load” SL dengan ban “Extra Load (XL). Gunakan ban pengganti dengan tipe daya beban yang sama.

Ikuti petunjuk tambahan berikut

  • Bila hanya mengganti dua ban saja, pasang ban yang masih tebal telapaknya pada poros belakang.
  • Jika harus menggunakan dua jenis berbeda, tempatkan ban radial pada poros belakang kendaraan.
  • JANGAN campur radial dan non-radial pada sumbu yang sama.
  • Bila menggunakan tipe ban salju atau ban segala cuaca untuk kendaraan berperforma tinggi, gunakan untuk ke-empatnya.
  • Tidak dianjurkan menggunakan ban dengan speed ratings yang berbeda.
  • Bila terpaksa harus menggunakan speed ratings berbeda, setidaknya gunakan yang sama pada satu sumbu.
  • Kemampuan percepatan dari kendaraan akan menjadi terbatas menuruti speed rating terendah ban yang digunakan.
  • Bila mengubah ukuran ban, konsultasikan lah lebih dulu dengan toko untuk ukuran maksimum lebar velg dan pastikan ruang gerak ban.

Jangan bebani mobil Anda
Baca kembali buku petunjuk pemilik kendaraan untuk beban maksimal kendaraan. Beban berlebih pada kendaraan akan membuat ban menerima beban berlebih juga dan juga komponen kendaraan yang lain. Hal ini bisa menyebabkan handling yang buruk, konsumsi bbm dan menyebabkan kerusakan pada ban. Sekali lagi, jangan gunakan ban baru dengan kapasitas daya beban lebih kecil dari plakat yang ada dimobil, dan ingatlah bahwa lebar velg optimum penting untuk distribusi beban pada ban dan fungsinya.

Perhatikan suspensi kendaraan & spooring, & balancing & rotasi ban
Tidak melakukan rotasi, suspensi yang sudah aus, kekurangan atau kelebihan tekanan angin, ban tidak imbang, dan tidak tepat pemasangan bisa menyebabkan getaran serta keausan ban yang tidak rata. Lakukan rotasi ban sesuai rekomendasi produsen mobil atau maksimum dengan jarak 6,000 mi atau/ setiap 10,000 KM.

Informasi tambahan, lihat “Be Tyre Smart/Play Your Part” brosur yang diterbitkan oleh RMA (Rubber Manufacturers Association), yang bisa di unduh melalui website RMA: http://www.rma.org/product/be-tire-smart-safety-brochure.

Kunjungi Goodyear Branded Outlet terdekat untuk penggantian ban dan jaminan layanan.

Bagaimana cara membaca nomor serial D.O.T. pada ban
D.O.T. adalah singkatan dari Department of Transportation (Departemen Transportasi). Angka-angka itu terletak di sisi bawah dinding samping setiap ban, yang menunjukkan bahwa ban sudah sesuai dengan standar keamanan dari departemen.
12-digit angka: produksi tahun 2000-an
11-digit angka: produksi tahun 1990-an

M6MJEH0R0911
M6: Kode Pabrik Manufaktur
MJ: Ukuran dan Kode Ply
EHOR: Kode Konstruksi Manufakturing
0911: Tanggal Pembuatan Ban (minggu ke-9 di tahun 2011)

Masa Pakai Ban
Ban dirancang untuk pemakaian ribuan mil/KM secara maksimal. Untuk manfaat yang maksimum, ban harus di rawat dengan baik agar terhindar dari kerusakan yang mungkin mengakibatkan ban tidak bisa dipakai lagi sebelum terjadi aus pada ketebalan telapak. Sulit untuk secara akurat menentukan masa pakai sebuah ban hanya dengan melihat kronologis waktu produksi karena kondisi ban sangat bervariasi.