preload

Membaca Ban Anda

 

Semua informasi penting yang Anda harus tahu tertera di dinding samping ban. Bila Anda mengerti artinya hal itu akan membantu Anda dalam memelihara ban, dan memilih yang baru bila saatnya tiba. Tuntunan kami akan membantu Anda memahami semua nomor, huruf yang penting tersebut dan memahami artinya.


Tipe Ban
Huuf “P” atau bahkan tidak ada sama sekali mengindikasikan ban untuk mobil penumpang / kendaraan pribadi.

Konstruksi
Huruf “R” menyatakan tipe radial (radial mengacu tipe kerangka dan lapisan ban).

Nomor dan Tanda Lolos Uji Ece
Menunjukkan bahwa ban telah mengikuti standard dari United Nations Economic Commission for Europe (U.N.E.C.E.) terkait ban tipe isi angin (pneumatic).

Informasi Tekanan Angin
Tekanan angin maksimum untuk ban Anda, yang penting diketahui saat pemeriksaan tekanan angin ban. Lihat lagi keterangan pada buku panduan mobil dan plakat ban untuk informasi dan rekomendasi tekanan angin.

Indikator Keausan Ban
Singkatan “TWI” (Tread Wear Indicator) tertera dekat tanda indikator keausan ban. Anda harus secara berkala memeriksa untuk memastikan bahwa telapak masih cukup dalam. Kedalaman minimum untuk banyak tipe adalah 1.6mili meter.

Tanggal Produksi
Tanggal dimana ban diproduksi diindikasikan dengan empat-angka menunjukkan minggu dan tahun pembuatan.

Aspek Rasio
Ini adalah rasio antara silangan ban dan lebarnya, dinyatakan dalam persentase. Sebuah aspek rasio 65, misalnya, berarti bahwa ketinggian ban itu kurang lebih 65% dari lebar ban.


Diameter Velg
Diameter (tinggi) velg dinyatakan dalam inci.


Indeks Beban
Indeks beban ban menunjukkan Anda kemampuan kapasitas maksimal yang dapat ditanggung. Penting untuk memilih ban pengganti yang sesuai rekomendasi pabrikasi.

Anda bisa temukan indeks beban pada dinding samping, disamping diameter.

Speed Rating
Speed Rating mengindikasikan kecepatan maksimum yang disarankan dari kemapuan sebuah ban setelah diisi tekanan angin dan mendapat beban dibawah kapasitas.

Anda bisa melihat speed rating tertera di dinding sampil ban dan ditunjukkan dengan huruf. Ban yang memiliki speed rating V, sebagai contoh, memiliki kecepatan maksimum 240km/jam.

Bila Anda membeli ban pengganti, penting untuk mencocokan speed rating dengan kapabilitas kecepatan kendaraan Anda.

Lihat Tabel Speed Index berikut.