5 Tips Menghemat Bahan Bakar Kendaraan

 

Sebagai pengguna kendaraan, pemakaian bahan bakar adalah salah satu hal yang harus selalu diperhatikan. Selain harganya yang semakin mahal, berkendara secara sembrono membuat bahan bakar cepat habis. Cara paling efektif untuk menghemat bahan bakar sebenarnya adalah dengan berkendara secara apik. Namun, aktivitas yang padat membuat pengurangan pemakaian kendaraan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Lalu bagaimana caranya agar pemakaian bahan bakar tidak boros? Berikut tips menghemat bahan bakar kendaraan yang bisa kamu coba.

Service Kendaraan Secara Berkala
Melakukan service kendaraan secara rutin bisa menghemat penggunaan bahan bakar. Lakukanlah service setiap 3 bulan sekali atau setiap penggunaan mencapai 5000 Km. Dengan melakukan service secara berkala, maka saluran bahan bakar dan komponen kendaraan lainnya akan diperiksa dan terjaga dalam kondisi terbaik. Hal itu akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien.

Periksa Tekanan Angin Pada Ban
Selain mesin, tekanan angin dalam ban juga harus dicek secara berkala. Karena setiap kali roda berputar, maka permukaan ban yang menapak di jalan akan menopang berat kendaraan tersebut. Dalam dunia otomotif, ini disebut sebagai rolling resistance (tahanan gulir). Tekanan angin pada ban yang kurang, akan membuat tahanan gulir membesar dan mengakibatkan pemborosan bahan bakar. Secara natural, tekanan angin berkurang 2 psi setiap bulan rata-rata pada ban, dipakai atau tidak karena sifat kompon karet yang berpori. Karenanya selalu perika tekanan angin pada ban terpakai ataupun cadangan di bagasi.

Efektif Menggunakan AC
AC merupakan komponen dalam mobil yang sering tidak diperhatikan. Saat AC dinyalakan maka tenaga mesin akan diambil oleh sistem AC hingga 5 PK untuk menggerakan kompresor dan sistem yang terkait. Agar lebih efektif, jangan nyalakan AC sebelum udara panas dalam mobil keluar. Optimalkan kinerja AC dengan mematikan switch AC saat membutuhkan engine power, misalnya saat melewati jalan menanjak atau memanfaatkan economy mode yang akan membuat beban dari kompresor berkurang.

Perhatikan Filter Udara
Filter udara yang sudah terlalu kotor pada kendaraan akan membuat boros bahan bakar. Karena filter yang sudah tersumbat debu dan kotoran akan membuat mesin bekerja lebih berat untuk mengisap udara bersih. Jika sudah begitu, sebaiknya bersihkan filter udara setiap 2.000-3.000 km atau ganti jika pemakaiannya sudah terlalu lama.

Kurangi Beban Pada Kendaraan
Terlalu banyak beban yang ada pada mobil akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar. Kendaraan akan lebih boros bahan bakar sekitar 1-2% untuk setiap beban seberat 50 kg di mobil. Jadi, bawalah barang-barang yang penting saja ketika akan berpergian. Selain itu, kurangi beban kendaraan dengan cara mengisi bahan bakar setengah penuh saja. Karena dengan membawa barang yang beratnya kurang lebih 100 kg, akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 3%

 

Selain tips-tips di atas, hal terpenting dari cara menghemat bahan bakar adalah berkendara secara sopan santun dan tertib lalu lintas. Karena mengemudi secara ugal-ugalan hanya akan membuat boros bahan bakar dan memperpendek umur kendaraan itu sendiri. Karena berkendara secara optimal akan membuat perjalanan aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.