preload

Tips Aman Berkendara Offroad

 

Akhir pekan memang menjadi waktu yang tepat untuk melakukan hobi. Nah, buat kamu yang hobi otomotif, tak ada salahnya mencoba offroad. Offroad merupakan olahraga otomotif yang menggunakan mobil jip atau jenis SUV (Sport Utility Vehicles). Di offroad ini kamu diharuskan melewati medan-medan yang beda dari biasanya, seperti di jalanan yang berbatu, sungai, pasir, dan lainnya. Karena offroad termasuk dalam olahraga ekstrem, ada beberapa yang harus kamu perhatikan sebelum berkendara. Apa saja yang harus diperhatikan? Berikut tipsnya.

Pertama,
periksa kondisi kendaraan yang akan digunakan. Lakukanlah checking pada bagian mobil yang akan kamu gunakan, seperti oli mesin, air radiator, karburator, busi, aki, kelistrikan dan bagian mobil lainnya. Kamu tidak perlu menggunakan kendaraan yang canggih, cukup membekali diri dengan kendaraan berpenggerak 4×4 yang memiliki piranti keselamatan diri seperti sabuk keselamatan. Dan juga pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima.

Kedua,
pelajari rute yang akan dilalui. Ada berbagai macam rute yang ditawarkan dari olahraga offroad ini. Dari rute pendek yang membutuhkan waktu antara 1,5-2 jam, hingga rute terpanjang yang akan membutuhkan waktu 4 jam perjalanan. Bagi pemula, ada baiknya memilih rute yang nyaman dengan tingkat kesulitan yang bisa kamu lalui. Jangan memaksakan diri untuk melewati rute seperti, bukit pasir atau medan berlumpur dan berair dangkal. Karena rute itu memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Ketiga,
persiapkan kondisi fisik. Kondisi fisik memang menjadi faktor utama yang harus diperhatikan sebelum melakukan offroad. Pastikan kondisi kesehatan tubuh kamu dalam keadaan prima dan siapkan diri kamu diberbagai kondisi rute yang akan dilalui.

Keempat,
gunakan ban dengan kualitas baik. Ban merupakan bagian terpenting dalam kendaraan yang langsung berhubungan dengan jalan, terlebih untuk mobil yang akan digunakan untuk offroad. Jadi, penting bagi pengemudi menggunakan ban yang berkualitas untuk menambah performa dan keamanan kendaraan saat melaju di berbagai medan yang sulit.

 

Goodyear Wrangler AT/SA dengan SilentArmor TechnologyTM dirancang untuk meningkatkan performa SUV di medan yang berat dengan pengendaraan yang halus dan senyap. Wrangler AT/SA merupakan ban terbaru untuk kendaraan jenis 4×4 dan truk yang dapat dikendarai baik dalam keadaan onroad (jalan biasa) dan offroad (jalan kasar dan berat) yang mampu memberikan ketangguhan di medan keras dan tidak rata, namun sekaligus tetap memberikan kehalusan dan ketenangan berkendara.