Instruksi dan Perbaikan

 

Periksalah kondisi ban Anda setidaknya sebulan sekali dan setelah melakukan perjalanan panjang, sekalipun bukan ribuan kilometer. Penting untuk memperhatikan kondisi keausan yang tidak merata atau berlebihan dari ban Anda, kurang tekanan angin, atau kerusakan seperti goresan, kembung, retak, tusukan dan lainnya. Jika terlihat, atau jika terjadi kekurangan angin yang terus menerus, cobalah copot roda dan periksakan kerusakan pada ahlinya untuk memastikan penanganannya.

Keausan Ban & sobek
Ban depan atau belakang yang tidak sejajar bisa menyebabkan percepatan keausan. Mobil berpenggerak roda depan dan yang memiliki suspensi belakang independen membutuhkan pensejajaran dari seluruh roda, bukan hanya dua. Lakukanlah hal ini sesuai rekomendasi buku manual pemilik kendaraan agar ban dapat lebih awet. 1

Kadangkala, ban yang aus bisa dibetulkan dengan melakukan rotasi ban. Diskusikan apa yang tertera di buku manual pemilik kendaraan atau hubungi toko Goodyear terdekat Anda untuk pola rotasi yang cocok dengan kendaraan Anda. Jika ban Anda menunjukkan tanda keausan tidak merata, mintalah ahli Goodyear untuk memeriksanya dan mengoreksi kekurangannya, ketidakseimbangan atau masalah mekanikal lainnya sebelum melakukan rotasi. 1

Pahami bahwa telapak ban memiliki dampak langsung terhadap kemampuannya mencengkeram jalan, sehingga penting untuk melakukan inspeksi secara berkala atas tanda keausan. Tanda-tanda ini bisa meliputi wilayah yang luas atau sempit bahkan kadangkala hanya halus saja.1

1. “Be Tyre Smart,” The Rubber Manufacturers Association

Inspeksi Kasat Mata
Memeriksa ban bisa membantu Anda menemukan tusukan atau tanda kasat mata kerusakan lainnya yang mungkin membutuhkan penggantian ban.

Perbaikan
Penting untuk tahu kapan sebaiknya mengganti ban dan kapan ban harus diganti.

  • Kalau ban kehilangan tekanan angin, harus di lepaskan untuk pemeriksaan sisi dalamnya.
  • Mengemudi dengan ban kempes dapat merusak ban, bahkan untuk jarak pendek sekalipun.
  • Biasanya, lubang paku, tusukan atau sobekan lebih dari 1/4 inchi (0,64 cm) bisa diperbaiki selama kerusakan hanya diarea telapak.
  • Kerusakan dinding samping atau lubang pada area telapak lebih dari 1/4 inchi TIDAK BOLEH ditambal atau di bawah 1/16 inchi untuk ban yang sudah aus.


Spooring dan Balancing
Melakukan spooring dan balancing penting untuk memperpanjang masa pakai ban dan terutama performa kendaraan Anda.

  • Ban yang tidak seimbang bisa menyebabkan getaran, yang membuat pengemudi gampang lelah, keausan ban dini (juga dikenal sebagai cupping atau dipping), dan juga memengaruhi suspensi kendaraan Anda.
  • Ban harus diseimbangkan ketika dipasang pada velg / roda.
  • Lakukan balancing segera setelah terasa getaran (atau sering disebut shimmy) yang tidak wajar, dan lakukan minimal setahun sekali.