preload

6 Makanan untuk Konsentrasi Mengemudi

 

Saat mengemudi, penting bagi seorang pengemudi memiliki tingkat konsentrasi yang baik. Dengan tingkat konsentrasi yang baik, pengemudi akan lebih sigap dan waspada menghadapi segala hal yang terjadi di jalan. Sehingga mengurangi risiko munculnya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan lalu lintas.

Salah satu cara untuk menjaga konsentrasi tetap baik selama mengemudi ialah dengan istirahat yang cukup atau memakan makanan yang tepat sebelum melakukan perjalanan. Ada beberapa makanan yang terbukti mampu meningkatkan dan menjaga konsentrasi otak agar tetap stabil. Apa saja makanan tersebut dan kandungan apa yang membuat konsentrasi otak tetap terjaga, berikut adalah daftar makanan yang dapat Anda coba.

Tentukan Tanggal Arus Balik
Menentukan tanggal arus balik merupakan titik awal seseorang mempersiapkan segala hal. Penting untuk pengemudi menentukan tanggal yang tepat. Pengemudi dapat memantau berita yang ada di televisi, online, radio, dan lain-lain terkait arus balik, untuk mengetahui perkiraan lonjakan pemudik yang akan kembali dari kampung halaman. Dengan memastikan tanggal yang dipilih sesuai, kesempatan pengemudi untuk melewati jalan yang tidak mengalami kemacetan akan lebih besar.

Kafein
Sudah rahasia umum bahwa kafein dapat meningkatkan konsentrasi seseorang. Kafein yang biasa ditemukan di kopi, teh, cokelat, dan minuman berenergi ini juga dapat mengatasi rasa kantuk yang biasa melanda selama mengemudi. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein secara berlebihan. Hal ini karena, kafein dengan jumlah berlebih dapat menimbulkan efek berkurangnya cairan dalam tubuh sehingga mudah timbulnya dehidrasi.

Pisang
Pisang termasuk buah yang kaya nutrisi dan energi. Teksturnya yang lembut membuat banyak orang suka mengonsumsi buah ini. Kandungan kalium, serat, mangan, dan vitamin B yang tinggi dapat membantu produksi serotonin, norepinephrine, dan dopamine di tubuh. Hal ini tentunya, berguna untuk memperlama durasi konsentrasi otak seseorang.

Kacang-Kacangan
Mengonsumsi kacang-kacangan terutama kacang almond dan kenari ternyata juga baik untuk meningkatkan konsentrasi otak terutama saat seseorang akan mengemudi. Kandungan omega 3, antioksidan, serta vitamin B6 dan E bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Selain itu, kandungan yang ada pada kacang-kacangan juga dapat menjadi stimulasi yang baik untuk otak agar tetap fokus konsentrasi.

Telur
Makanan selanjutnya yang dapat meningkatkan konsentrasi otak ialah telur, terutama pada bagian kuningnya. Kuning telur memiliki kandungan choline dan lutein yang tinggi, serta memiliki peran penting pada otak, yakni untuk memaksimalkan fungsi kognitif, daya ingat, dan konsentrasi. Selain itu, kandungan fenilalanin yang ada pada telur dapat menghasilkan dopamine yang berguna untuk meningkatkan suasana hati. Dengan suasana hati yang baik, tubuh akan memunculkan rasa nyaman sehingga pengemudi akan lebih mudah berkonsentrasi pada saat mengemudi.

Blueberry
Buah mungil yang terkenal ini merupakan salah satu buah yang paling sehat. Tidak hanya memiliki antioksidan yang tinggi, blueberry juga kaya akan vitamin C dan K. Kandungannya yang kaya akan nilai gizi, membuat buah mungil ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat blueberry di antaranya, membantu melindungi sel-sel otak dari efek negatif stres dan kecemasan, serta meningkatkan daya otak dan konsentrasi untuk waktu yang lama.