preload

5 Tips Berkendara Menyenangkan

 

Pernahkah kamu merasakan bahwa sesungguhnya mengemudi itu bisa menjadi satu kesempatan, satu momen, satu cara yang bisa membuatmu menjadi lebih bahagia? Sebuah terapi. Lihat sisi positifnya bahwa macet ternyata bisa memberimu kesempatan berpikir jauh atas satu peristiwa. Bahwa mengemudikan kendaraan yang hanya sekedar memutari komplek dengan si kecil di pagi hari sebelum berangkat kerja bisa jadi satu momen penting baginya karena merasa didengarkan. Atau ternyata pergi bersama teman-teman bahkan hanya untuk mengemudi ke pinggir kota bisa membuatmu kembali bersemangat. Inilah terapi terkini yang bisa Anda jajal untuk mendapatkan kebahagiaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan). Karenanya, banyak orang berharap mendapat kebahagiaan di kondisi apapun, termasuk pada saat mereka mengemudi.

Jadi penting untuk diingat bahw mengemudi bisa menghasilkan kebahagiaan, namun terutama berbahagialah saat mengemudi menikmati sensasi yang Anda dapatkan. Nikmatilah saat mengemudi itu sendiri. Karena perasaan nyaman berbahagia ketika berada di belakang kemudi membantu pengemudi berkonsentrasi atas kondisi jalan yang mutlak diperlukan.

Berpikir Positif
Ketika Anda membuka pintu duduk pengemudi, lakukan dan mulailah dengan kesadaran dan perasaan positif. Perasaan jenuh bayangan kemacetan atau durasi tempuh yang jauh tak ayal bisa menyulut emosi bahkan sebelum kendaraan mulai berjalan. Karena itu penting untuk memulai aktivitas mengemudi dengan perasaan positif.

Memunculkan perasaan positif dapat dilakukan dengan memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum memulai aktivitas mengemudi. Selain itu tentunya dalam keadaan sehat jiwa raga sehingga aktivitas mengemudi lebih lancar dan menyenangkan.

Memeriksa Kondisi Kendaraan
Karena bahagia itu terjadi ketika semua kebutuhan terpenuhi, maka yakinkan diri Anda bahwa semua kebutuhan kendaraan juga telah dipenuhi agar setiap komponennya bekerja maksimal. Saat Anda yakin bahwa semua bagian kendaraan bisa berfungsi baik dan benar, saat itulah Anda bisa mengemudi dengan penuh ketenangan dan nyaman yang berujung pada rasa bahagia itu sendiri.

Performa yang baik, akan membuat kendaraan siap untuk digunakan kapan saja dan di mana saja. Untuk itu, penting memeriksa kondisi kendaraan sebelum mengemudi demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat mengemudi nanti. Seperti memeriksa kondisi oli mesin, air radiator, kipas pendingin, rem, lampu, dan juga ban.

Sebagai bagian dari kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan, penting bagi pengemudi memastikan ban dalam kondisi yang baik. Cek kondisi ketebalan telapak dan tekanan angin ban agar dalam kondisi layak jalan. Saat menemukan kejanggalan pada kondisi ban yang tidak layak jalan segera lakukan tindakan penggantian atau kunjungi bengkel agar perjalanan tidak terganggu dan terutama memperkecil risiko kecelakaan di perjalanan nanti.

Mempersiapkan Barang Bawaan
Selain memeriksa kendaraan, mempersiapkan barang bawaan yang akan dibawa juga merupakan cara terciptanya aktivitas berkendara yang menyenangkan. Mobil bukan rumah kedua. Selain mempersempit ruang kabin, barang bawaan yang tidak terkontrol juga bisa menambah bobot kendaraan dan menyebabkan pemborosan bensin untuk tonase yang berlebih.

Sesuaikan barang yang perlu Anda bawa dengan tujuan bepergian. Di dalam kabin pastikan Anda memiliki organizer yang membedakan barang wajib kabin seperti P3K dan konsumsi ringan serta di kantong lain untuk keperluan perjalanan . Tidak perlu membawa barang berlebih yang bisa Anda temui di sepanjang perjalanan seperti air minum, snack atau kertas tissue.

Selain mempersiapkan barang bawaan, penting juga bagi pengemudi menyimpan barang bawaan tersebut dengan baik. Jangan sampai ketika harus menekan pedal rem secara mendadak, barang bawaanmu jatuh dan mengganggu perjalanan.

Mengetahui Kondisi Jalan yang akan Dilalui lebih awal
Mengetahui kondisi jalan yang akan dilalui seperti kontur geografik, kepadatan kendaraan, kondisi dan kualitas jalan, stopping point atau rest area dan pom bensin akan membuat Anda lebih waspada dan siap saat menghadapi masalah. Selain itu, pengemudi akan menjadi lebih siap dan mudah mengambil sikap pada saat mengemudi, bahkan mungkin sampai persiapan alternatif sehingga aktivitas mengemudi akan menjadi lebih tenang, nyaman dan tidak membuat stres yang mengurangi kebahagiaan berkendara.

Mengemudi Dengan Tertib
Nahas memang tak dapat ditolak, tapi kalau kita selalu berada dan mengikuti rambu serta peraturan berkendara maka setidaknya kita sudah 80 persen menjamin terjadinya sebuah perjalanan yang menyenangkan.

Tertib berlalu lintas dengan cara mematuhi aturan-aturan yang sudah ditetapkan merupakan salah satu cara menghindari terjadinya kecelakaan. Pastikan untuk selalu berperilaku tertib dengan berhenti di traffic light pada garis batas, dan tidak memenuhi jalan sehingga menutup akses kendaraan dari arah berlawanan. Dengan menjadi pengemudi yang tertib berlalu lintas, berkendara akan menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

Dengan tips-tips yang sudah dijabarkan di atas, diharapkan aktivitas mengemudi akan lebih menyenangkan dan terhindar dari risiko-risiko kecelakaan. Karena itu, pastikan kamu untuk menerapkan tips di atas ya, agar aktivitasmu menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan sehingga kamu bisa selamat sampai tujuan.