preload

Olahraga Ringan untuk Perjalanan yang Menyenangkan

27 May 16

New Picture (4)

 

Padatnya lalu lintas di Bulan Ramadhan ini, sering membuat pengemudi lebih cepat merasakan letih, pegal, dan keram yang bisa saja mengakibatkan menurunnya konsentrasi pengemudi. Menurunnya konsentrasi pengemudi dapat menjadi hal yang fatal jika tidak cepat-cepat ditangani.

 

Untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi saat berkendara seperti hal ini, ada baiknya Anda melakukan olahraga. Olahraga ini tidak membutuhkan banyak waktu dan gerakan yang bisa menguras energi Anda, namun olahraga ini berupa gerakan-gerakan ringan yang mudah dan dapat dilakukan saat Anda berada di depan kemudi. Berikut beberapa gerakan ringan yang bisa Anda lakukan:

 

  1. Untuk menguatkan otot bahu, lakukan gerakan menarik bahu ke belakang, kemudian silangkan kedua tulang belikat Anda, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.

 

  1. Untuk menghilangkan rasa pegal pada paha, cobalah untuk kencangkan otot paha Anda selama 2-3 detik. Kemudian kembali ke posisi semula. Ulangi sebanyak 5 kali.

 

  1. Untuk membuat leher Anda tidak kaku, gerakan kepala ke bahu kanan lalu kembali ke posisi awal. Kemudian gerakan kepala ke bahu kiri, lalu kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak 7 kali untuk hasil optimal.

 

  1. Saat bahu dan punggung merasa kaku atau tidak enak, cobalah lemaskan dengan melakukan gerakan ini. Pertama, cengkeram stir kemudi dengan kedua tangan Anda, kemudian dorong tubuh kuat-kuat ke jok kemudi, lalu tarik tubuh ke depan. Ulangi gerakan ini sebanyak 7 kali.

 

  1. Saat merasa jari tangan kaku, cobalah untuk mengepalkan tangan Anda. Kepalkan tangan dengan posisi ibu jari berada di atas jari lainnya, bukan diselipkan di bawahnya. Lalu buka tangan dan regangkan jari-jari dengan lebar. Lakukan gerakan tersebut secepat dan selama yang Anda mampu.

 

  1. Lakukan gerakan jalan sambil duduk. Lakukan gerakan dengan memiringkan dan menumpukkan seluruh berat tubuh Anda ke sebelah kanan, lalu lakukan ke arah sebaliknya. Gerakan juga tubuh Anda ke belakang dan depan. Ulangi gerakan ini selama 5-10 detik.

 

  1. Untuk melemaskan otot kaki yang kaku, Anda dapat mengangkat kaki kanan Anda ke atas jok kemudi Anda. Kemudian tekuk kaki Anda, buat lutut sejajar dengan dada. Lalu lakukan gerakan tersebut kembali dengan kaki sebaliknya. Ulangi sebanyak 4 kali.

 

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan letih, pegal, dan juga kram saat mengemudi. Mudah bukan untuk melakukannya? Namun, sebelum Anda melakukan gerakan-gerakan tersebut, pastikan kendaraan dalam keadaan berhenti, atau menepilah sejenak saat Anda akan melakukan gerakan-gerakan tersebut. Pastikan juga kendaraan dalam keadaan yang optimal terutama ban kendaraan Anda. Bagaimanapun keselamatan adalah yang utama dalam berkendara.