preload

Mudik Aman dan Nyaman Selama Perjalanan

27 May 16

safe car travel

 

Mudik lebaran sudah menjadi tradisi yang biasa dilakukan sebagian besar umat Muslim yang tinggal di Indonesia. Orang yang tinggal di kota akan kembali ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga dan sanak saudara, serta bersilaturahmi dengan tetangga untuk mempererat tali persaudaraan.

Semakin naiknya tingkat orang yang melakukan mudik lebaran dari tahun ke tahun, tentunya membuat Anda yang berencana melakukan mudik lebaran dengan kendaraan pribadi harus mempersiapkan segala keperluan jauh-jauh hari sehingga mudik yang diinginkan dapat tercapai tanpa halangan. Berikut adalah hal yang harus dipersiapkan untuk mudik aman dan nyaman selama perjalanan.

 

Pastikan Sehat Jasmani dan Rohani

Kesehatan merupakan hal yang paling utama untuk dipastikan. Hal ini karena, pada saat mudik Anda akan menempuh perjalanan yang jauh di tengah menjalankan ibadah puasa. Jadi, penting untuk memastikan tubuh dalam kondisi fit sehingga Anda dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman. Pastikan juga Anda beristirahat dengan cukup pada malam hari sebelum perjalanan. Rasa kantuk dan lelah akibat kurangnya waktu istirahat membuat Anda yang harus mengemudi akan sulit untuk berkonsentrasi.

Selain memastikan kondisi jasmani yang fit, penting juga untuk memastikan kondisi rohani Anda. Pastikan suasana hati dalam kondisi yang baik. Dengan suasana hati yang baik, Anda tidak akan mudah lelah selama mengemudi.

 

Bawa Barang Seperlunya

Saat akan melakukan perjalalan mudik, tentu Anda akan menyiapkan barang yang dirasa perlu dan dibutuhkan nantinya. Namun, tak jarang barang yang dibawa menjadi lebih banyak dengan alasan akan dibutuhkan selama perjalanan. Hal ini, tentu berdampak pada muatan kendaraan yang akan lebih berat, sehingga kendaraan harus bekerja lebih keras dalam perjalanan. Kendaraan yang bekerja lebih keras akan berpengaruh pada konsumsi BBM. Maka dari itu, pilih barang yang benar-benar dibutuhkan untuk mudik dengan bijak.

 

Persiapkan P3K

Penting untuk Anda mempersiapkan kotak P3K yang berisi obat-obatan guna berjaga-jaga akan cedera saat perjalanan atau kondisi tubuh yang mendadak tidak fit, seperti; demam, pusing, dan sakit perut. Letakkan juga obat-obatan tersebut pada tempat yang mudah dijangkau saat diperlukan. Menyimpan nomor telepon dokter pribadi atau rumah sakit juga penting, karena Anda dapat dengan mudah menghubunginya ketika membutuhkan bantuan medis.

 

Cek Kondisi Kendaraan

Mengecek kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh terutama saat akan mudik merupakan hal yang penting. Mulai dari kondisi mesin, rem, AC, sampai kondisi ban. Penting untuk Anda memeriksa kondisi ban, karena ban adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan jalan dan memiliki peran yang sangat penting. Pastikan ban selalu dalam kondisi baik dengan melakukan pengecekan pada tekanan ban termasuk pada ban serep. Pengecekan ban meliputi; tingkat keausan ban, tidak adanya kebocoran pada ban, dan keempukkan kompon ban dalam kondisi baik serta layak jalan. Saat menemukan keadaan ban yang mendekati tidak layak segera ganti ban agar perjalanan mudik Anda tidak terganggu.

Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Penting untuk Anda tetap patuh akan peraturan lalu lintas selama mengemudi terutama saat mudik lebaran. Mengemudikan kendaraan dengan baik seperti taat akan rambu lalu lintas, selalu menggunakan sabuk pengaman, menjaga jarak aman dengan kendaraan lain, dan menghindari menerima telepon atau memainkan gadget selama mengemudi, akan menghindarkan Anda dari hal yang buruk, seperti kecelakaan lalu lintas. Sehingga Anda dapat menikmati perjalanan mudik dengan aman dan nyaman serta tiba di tujuan dengan selamat.