preload

Goodyear Usung Ban Konsep untuk Mobil Nir Pengemudi

02 Mar 16

 

  • Teknologi ban futuristik di Geneva International Motor Show 2016
  • Konsep Spherical-shaped Eagle-360 yang fokus pada manuver dan konektivitas
  • Konsep IntelliGrip dengan teknologi sensor canggih yang dapat membuat kendaraan lebih aman

 

GYI Web news_geneva motor show copy

 

 

Jenewa, Swiss, 2 Maret 2016 – Goodyear Tire & Rubber Company telah mengungkapkan dua inovasi pada ban konsep terbaru di Geneva International Motor Show ke-86 yang benar-benar dapat menciptakan masa depan untuk mobil tanpa pengemudi.

Apa saja sih ban konsep yang dihadirkan oleh Goodyear di Geneva International Motor Show ke-86? Pertama adalah Eagle 360 berbentuk bola– sebuah ban yang dirancang khusus untuk masa depan – dirancang dengan fitur kunci pada kemampuan manuver, konektivitas, dan biomimikri untuk pergerakan dinamis bagi kendaraan tanpa pengemudi. Sedangkan ban konsep kedua yang dihadirkan Goodyear adalah IntelliGrip yang menggunakan sensor tercanggih dan teknologi treadwear, merupakan sebuah solusi yang diadopsi dari kendaraan tanpa pengemudi sebelumnya.

Kedua ban konsep dari Goodyear dirancang dengan menanamkan keamanan bagi para penumpang, dimana menurut studi terbaru, keamanan merupakan perharian utama di kalangan konsumen yang tertarik dengan kendaraan tanpa pengemudi. Kedua ban ini merupakan wujud dari komitmen serta fokus yang dimiliki Goodyear dalam mengantisipasi kebutuhan konsumen yang dinamis.

“Dengan terus mengurangi interaksi pengemudi dan gangguan dalam kendaraan tanpa pengemudi ini, ban akan memainkan peran yang semakin penting sebagai penghubung utama pada jalan,” kata Joseph Zekoski, Senior Vice President dan Chief Technical Officer

 

Goodyear. “Ban milik Goodyear memainkan peran ganda di masa depan, baik sebagai platform kreatif untuk mendorong batas-batas pemikiran konvensional dan menguji materialnya untuk teknologi di generasi mendatang.”

Ingin tahu lebih detil mengenai kedua ban konsep tersebut? Yuk cek #YourGoodInfo dibawah ini:

 

  1. Goodyear Eagle-360

 

 

Goodyear Eagle-360 adalah konsep desain berbentuk bulat pada ban yang akan memberikan mobil tanpa pengemudi kemampuan manuver terbaru, konektivitas dan biomimikri yang dapat meningkatkan keselamatan.

    • Kemampuan Manuver: Multi-orientasi dari ban yang berbentuk bulat memungkinkan mobil untuk bergerak ke segala arah, memberikan kontribusi keamanan bagi penumpang, serta mengatasi keterbatasan ruang seperti tempat parkir atau jalanan yang sempit.
    • Konektivitas: Sensor yang terdapat pada ban dapat meningkatkan kemanan lebih baik melalui konektivitas antara jalanan dan kondisi cuaca yang dapat mengontrol sistem kendaraan juga kendaraan lain di sekitarnya, sementara tapak dan teknologi pemantauan tekanan ban dapat mengatur pemakaian ban hingga 360 derajat untuk memperpanjang jarak tempuh.
    • Terkoneksi melalui levitasi magnetik: Ban akan bergantung pada sistem levitasi magnetik untuk menangguhkan mobil sehingga menghasilkan perjalanan yang tenang dan mulus bagi penumpang.

Biomimikri: Terinspirasi oleh alam, tapak 3D dicetak meniru pola karang otak dan berperilaku seperti spons alami – yang dirancang untuk kaku dalam kondisi kering dan menjadi lembut ketika basah untuk memberikan kinerja mengemudi yang sangat baik dan daya tahan terhadap aquaplaning.

 

2. Goodyear IntelliGrip

 

Ban konsep Goodyear IntelliGrip dirancang untuk berkomunikasi dengan sistem konrol pada kendaraan tanpa pengemudi, merasakan permukaan jalan dan kondisi cuaca untuk meningkatkan keselamatan dan kinerja dalam mengemudi.

  • Merasakan kondisi jalan: Berkat teknologi sensor canggih dan tapak ban yang dirancang khusus, konsep ban ini dapat merasakan berbagai kondisi jalan, termasuk pada permukaan dan kondisi cuaca.
  • Teknologi Active-wear: IntelliGrip juga menggunakan teknologi active wear mutakhir yang dapat menilai kondisi ban dan kendaraan.
  • Algoritma khusus: Goodyear menciptakan algoritma yang dikembangkan untuk variabel seperti tekanan inflasi dan suhu ban.
  • Beradaptasi dengan kondisi jalan: Ketika ban merasakan permukaan jalan basah terkena hujan atau licin, kendaraan akan melakukan adaptasi terhadap kecepatannya. Selain itu, ban dapat memperpendek jarak berhenti, memberikan respon menikung yang lebih baik, mengoptimalkan stabilitas dan bahkan melakukan sistem pencegahan tabrakan.
  • Teknologi beradaptasi: Goodyear bekerja sama dengan sejumlah produsen kendaraan untuk lebih mengadaptasi teknologi ini untuk kebutuhan mereka, meningkatkan konektivitas dengan fitur seperti Electronic Stability Control Systems, Brake Control Systems dan Suspension Control Systems.

Meskipun ban ini adalah konsep untuk masa depan, Zekoski mengatakan mereka mewakilkan aspek penting dari strategi inovasi milik Goodyear dan visi Goodyear untuk mobilitas yang cerdas dan aman.