preload

Concept Tire dari Goodyear Sambut Masa Depan

13 Mar 15

Jenewa, Swiss, 3 Maret 2015 – Dua concept tire terobosan teknologi terbaru yang diumumkan oleh The Goodyear Tire & Rubber Company pada ajang 85th Geneva International Motor Show dapat mengubah peran ban secara radikal di masa depan.

Meskipun kedua produk ini masih sebatas produk konsep, teknologi futuristik ini memicu imajinasi dan menjadi prediksi sekilas mengenai inovasi seperti apa yang menanti kita di masa depan.

Konsep pertama – yang diberi nama“BHO3” – memungkinkan pengisian baterai mobil elektrik dengan mengubah energi panas yang dihasilkan oleh putaran ban menjadi energi listrik. Konsep kedua– yang diberi nama “Triple Tube” – memiliki tiga tabung yang  menyesuaikan  tekanan angin ban terhadap perubahan kondisi jalan, kondisi ini menghadirkan performa dan fleksibilitas yang tidak terbayangkan sebelumnya.

“Kedua concept tire ini menghadirkan cara pandang baru terhadap peran yang dapat dilakukan oleh ban di masa depan,” ujar Joe Zekoski, Senior Vice President and Chief Technical Officer dari Goodyear. “Kami membayangkan sebuah masa depan di mana produk kami menjadi lebih terintegrasi dengan kendaraan dan konsumen, lebih ramah lingkungan, dan lebih fleksibel.”

Berikut rincian tambahan untuk kedua concept tire, yaitu:

BHO3

1734_goodyearbh03

 

Ban ini menghasilkan listrik dari aksi material dalam ban yang menangkap dan mengubah energi panas dari gerakan ban saat berputar dalam kondisi normal. Material ini akan mengoptimalkan kemampuan ban menghasilkan listrik, sekaligus daya hambat putar ban.

Seiring dengan pertumbuhan permintaan  konsumen terhadap mobil elektrik, teknologi ini berpotensi untuk berkontribusi secara signifikan terhadap solusi dari tantangan mobilitas di masa depan. Teknologi ban visioner ini mampu  menghilangkan kekhawatiran para pengendara terhadap jangkauan jarak mobil listrik.

 

TRIPLE TUBE

Triple Tube, ban konsep dari Goodyear

 

Ban ini dilengkapi oleh tiga tabung  internal di dalam ban. Tabung atau tube ini terletak di bawah telapak dan di dekat inboard shoulder dan outboard shoulder dari ban, terdapat juga di bagian tengah ban.

Ban ini mengandalkan pompa internal yang menggerakan  udara dari ruang udara utama ke tiga tabung atau tube tersebut. Ban ini secara otomatis menyesuaikan posisinya terhadap kondisi jalan.

  • Posisi Eco/Safety – dengan tekanan angin ban maksimal di ketiga tube – menawarkan daya hambat putar yang lebih rendah
  • Posisi Sporty – dengan tekanan angin lebih rendah pada inboard shoulder tube – menawarkan dry handling melalui area kontak yang lebih optimal.
  • Posisi Wet Traction– dengan tekanan angin maksimal di center tube – menawarkan daya hambat pada kondisi aquaplaning yang tinggi melalui tread yang lebih menonjol di tengah ban.

Meskipun  kedua ban tersebut  masih merupakan konsep masa depan, Zekoski mengatakan bahwa ban ini mewakili aspek yang esensial dari strategi inovasi Goodyear, yakni menetapkan pola pikir maju yang berdasarkan gagasan market-back (yang didorong oleh kebutuhan pasar) dalam tim penelitian dan pengembangan perusahaan.

“Sangat penting bagi kami untuk selalu berdasar pada proses inovasi yang didukung oleh pasar, yang mengarahkan kami untuk fokus dan mengantisipasi kebutuhan konsumen yang selalu berevolusi dengan cepat,” ujar Zekoski.