Yuk, Pahami Berkendara Yang Aman Saat di Jalan Tanjakan Ekstrem

23 May 23

Foto: Sejumlah Mobil Melewati Tanjakan Ekstrem, Sumber: Okezone

Good People! Jalan menanjak yang ekstrem, seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara mobil, bukan. Tanpa kontrol yang baik, mobil bisa saja meluncur ke bawah dan menabrak kendaraan yang berada tepat di belakangnya.

Lalu sebenarnya, bagaimana cara mengemudi yang aman dan nyaman saat berada di tanjakan? Yuk kita simak tips berikut, Good People!

Menjaga Momentum Kendaraan
Kunci utama ketika mengendarai mobil di jalan menanjak adalah menjaga momentum kendaraan sehingga dapat melaju dengan mulus. Jaga emosi, fokus, dan tidak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam yang bisa menyebabkan kehilangan kendali mobil. Apalagi ketika akan melalui jalan yang licin akibat air hujan.

Posisi Gigi Transmisi
Apabila ingin melewati jalan menanjak, sebaiknya posisi transmisi berada di gigi rendah supaya mesin lebih bertenaga. Usahakan tidak menurunkan gigi transmisi saat berada di tengah-tengah jalan, sebab bisa membuat mesin kehilangan tenaga dan dapat mengakibatkan mobil merosot ke bawah.

Jika tanjakan landai dan panjang, bisa menggunakan gigi 3. Tetapi jika tanjakan cukup curam, bisa memanfaatkan gigi 2 atau posisikan di gigi 1. Untuk mobil bertransmisi otomatis pindahkan tuas ke L jika dibutuhkan.

Irama Kendaraan
Atur irama kendaraan dengan menjaga injakan pada pedal gas. Tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam ketika mobil mulai menanjak supaya ban tidak kehilangan traksi. Perhitungkan beban mobil, jika membawa muatan penuh, artinya pengemudi harus menekan pedal gas sedikit lebih dalam.

Perhatikan Kondisi Mobil
Selain kemampuan mengemudi kita, kondisi mobil yang prima sangat berpengaruh pada keselamatan berkendara. Selain mesin, ban sebagai salah satu komponen utama ban, harus diperhatikan secara berkala.

Di Goodyear Indonesia, kami selalu mendengar kebutuhan dari konsumen kami sehinga kami menyediakan berbagai macam pilihan ban untuk berbagai macam tipe mobil dan kondisi lingkungan. Yuk, eksplor berbagai macam produk unggulan Goodyear di https://www.goodyear-indonesia.com/, dan rasakan sendiri kehebatan produk-produk dari kami!