Teknologi Sensor Ban Canggih dari Goodyear Berhasil Bawa Tim Rally De Rooy Asal Belanda Juarai Dakkar Rally 2023

06 Jun 23

Foto: Truk IVECO Tim De Rooy, Sumber: Commercialtyrebusiness.com

(Teknologi sensor pintar pada ban Goodyear, menjadi masa depan mobilitas bantu memenangkan tim De Rooy)

Good People, kalian pasti familiar bukan dengan pepatah bahwa usaha yang baik pasti membuahkan hasil yang baik juga? Hal ini yang dialami Goodyear sebagai salah satu produsen ban terkemuka di dunia yang berhasil membawa Tim Rally De Rooy asal Belanda untuk menjuarai salah satu ajang balapan paling bergengsi yaitu Dakar Rally 2023 setelah perjuangan panjang dalam riset teknologi sensor pada ban yang dinamai TPMS atau Tire Pressure Monitoring System.

Tim Rally De Rooy asal Belanda mempercayai Goodyear sebagai supplier ban offroad truk IVECO besutan mereka dimana terbuk; TPMS pada ban Goodyear dapat memangkas waktu inspeksi pada kondisi ban di saat saat genting balapan dengan menyajikan informasi lengkap yang dapat dipantau pengemudi dari dalam mobil.

Lebih Dekat Dengan Dakar Rally
Dakar Rally merupakan salah satu ajang balapan tersulit dan bergengsi tinggi dimana pada tahun ini, para peserta dituntut untuk menyelesaikan Rally sejauh hampir 9.000 km melewati gurun di Arab Saudi yang memakan waktu hingga enam belas hari. Permukaan batu, pasir, dan lumpur dalam kondisi jalan yang menanjak dan menurun menjadi salah satu tantangan bagi peserta dan tim untuk menguji keahlian pengemudi juga ketahanan kendaraan mereka. Disinilah peran ban menjadi sangat vital sebagai penunjang utama kendaraan balap peserta.

Tire Pressure Monitoring System Pada Ban Goodyear
Goodyear menamai teknologi terbaru penyematan sensor pada ban dengan sebutan TPMS atau Tire Pressure Monitoring System, dimana teknologi ini menggunakan sensor mutakhir yang dapat memberikan informasi On-Board kepada pengendara mengenai tekanan serta komponen internal ban agar ban dapat selalu terpantau kondisinya dan dapat dipastikan berada pada kondisi prima. TPMS telah teruji oleh Tim Rally De Rooy dan dinilai berhasil dalam mempermudah dan mempercepat pemantauan kondisi ban yang melekat pada pacuan mereka dengan informasi real-time pada layar monitor yang berada di kabin mobil.

Langkah Goodyear Mengedukasi Sensor Pintar Pada Ban
Walau penerapan sensor ban atau TPMS belum dapat diaplikasikan sepenuhnya terkhusus di Indonesia, Goodyear Indonesia terus menyerukan sosialisasi teknologi TPMS kepada seluruh Good People dan masyarakat luas melalui 55 Goodyear Branded Outlet (GYBO) yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia.

Teknisi professional Goodyear selalu bersiap siaga di setiap GYBO untuk mengedukasi para pengemudi tentang bagaimana langkah terbaik untuk menjaga kendaraan agar tetap bekerja optimal, termasuk salah satunya kinerja ban sebagai komponen paling penting dalam kendaraan yang kali ini dapat terpantau dengan mudah melalui inovasi terbaru TPMS dari Goodyear.

Proses Panjang Pengujian TPMS Sejak 2021 Yang Berbuah Manis
TPMS telah melalui proses panjang dalam pengembangannya dimana pada tahun 2021, Goodyear menguji inovasi terbaru mereka dengan menerapkan TPMS pada armada bus diesel SARTA asal Amerika Serikat dengan menghubungkan sensor pada ban kendaraan kepada sistem cloud mobilitas Goodyear Sightline.

Melalui proses pengujian ini, Goodyear dapat mengumpulkan data Real-Time yang kemudian tersajikan kepada para driver dimana teknologi ini disimpulkan dapat meminimalisir kerusakan bus juga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Dari proses pengujian yang dimulai pada tahun 2021, hingga mengantarkan Tim Rally De Rooy untuk menjuarai Dakar Rally 2023.

Goodyear terus mengembangkan dan menggali potensi penuh dari TPMS agar dapat digunakan oleh konsumer komersil dalam skala global di waktu mendatang. Partisipasi Goodyear pada balapan Dakar Rally 2023 bersama Tim Rally De Rooy juga merupakan komitmen Goodyear Global dalam mendukung motorsport truk, dimana pada tahun 2022 sebelumnya Goodyear turut memperpanjang kemitraan sebagai sponsor resmi balap truk kelas utama yaitu Goodyear FIA European Truck Racing Championship (ETRC).