Kolaborasi Goodyear dan Visolis Hadirkan Isoprene Melalui Proses Daur Ulang

09 Sep 23

Goodyear Tire & Rubber Company dan Visolis baru saja mengumumkan kolaborasi ramah lingkungan untuk memproduksi isoprene secara berkelanjutan, didukung oleh dana riset dari Small Business Innovation Research (SBIR).

Isoprene, komponen penting dalam karet sintetis, biasanya diperoleh dari pengolahan minyak mentah. Dalam proyek ini, Visolis akan memanfaatkan teknologinya untuk menciptakan isoprene berkualitas tinggi dari bahan alami seperti sisa tanaman dan material pertanian yang tidak dimakan, menekankan pendekatan yang lebih ramah lingkungan.

Dr. Deepak Dugar, CEO Visolis, menyatakan antusiasme yang kuat terhadap kolaborasi ini, menyebutnya sebagai langkah nyata dalam mendukung praktik berkelanjutan dan pengembangan material yang canggih dan ramah lingkungan. Chris Helsel, SVP Global Operations dan Chief Technology Officer di Goodyear, menegaskan bahwa inovasi dan kerja sama adalah kunci penting dalam mencapai tujuan berkelanjutan, termasuk target nol emisi pada tahun 2050.

Goodyear sedang aktif mencari bahan yang lebih ramah lingkungan yang tetap memenuhi standar kualitas dan keamanan perusahaan. Tim teknologi di Goodyear terus mencoba untuk menemukan bahan alternatif, seperti yang ditunjukkan dengan peluncuran ban demonstrasi berbahan 90% ramah lingkungan. Dengan rencana untuk menjual ban yang menggunakan hingga 70% bahan ramah lingkungan, kerja sama Goodyear dan Visolis mencerminkan tekad Goodyear untuk menciptakan solusi inovatif yang mendukung lingkungan demi masa depan yang berkelanjutan.

“Kami yakin bahwa inovasi dan kerja sama adalah kunci untuk membuat kemajuan dalam perjalanan keberlanjutan kami dan mencapai tujuan, termasuk Net Zero Emission pada tahun 2050,” ujar Chris Helsel, wakil presiden senior, Operasi Global, dan Chief Technology Officer, Goodyear. “Dengan bekerja sama dengan perusahaan seperti Visolis, kami dapat terus belajar, berinovasi, dan membantu membangun masa depan yang lebih baik.”