Kiat Mengatasi Mesin Overheat Saat Perjalanan Mudik. Jangan Sepelekan!

04 Apr 23


Foto: Mobil Overheat di Jalan, Sumber: Car Treatments

Mesin mobil overheat (panas berlebih) menjadi salah satu masalah yang sering terjadi saat melakukan perjalanan mudik. Perjalanan yang panjang, kemacetan dan suhu luar kendaraan yang panas merupakan beberapa pemicu utama terjadinya overheating.

Overheat sendiri adalah kondisi ketika suhu mobil mengalami kenaikan di atas normal. Sebenarnya mesin mobil sudah dirancang agar mampu mengatur suhu sehingga kondisi macet maupun suhu panas di luar tidak akan membuat mesin mengalami overheating.

Dikutip dari Goodyear Auto Service, beberapa masalah pada komponen mesin bisa menyebabkan mobil mengalami overheat seperti:

1. Memaksakan kendaraan
2. Terlalu sedikit atau tidak ada cairan pendingin
3. Kebocoran sistem pendingin
4. Masalah radiator
5. Kuantitas oli terlalu rendah
6. Kegagalan termostat
7. Sabuk dan selang bermasalah (kendor atau terlalu ketat, atau tersumbat)
8. Inti pemanas tersumbat

Semisal dalam perjalanan mudik, Anda mengabaikan beberapa kondisi dan komponen mesin di atas, maka besar kemungkinan kendaraan Anda akan mengalami overheat. Namun, tidak perlu panik ya. Anda bisa coba mengatasi masalah overheating dengan cara berikut ini:

Tepikan kendaraan dan matikan mobil
Cari tempat berhenti yang tidak terkena panas matahari secara langsung, misalnya di bawah pohon. Hal ini akan mempercepat proses pendinginan mesin. Buka kap mesin namun jangan melakukan apapun sebelum mesin dingin.

Jangan buka tutup radiator bila masih dalam kondisi panas
Jika Anda membuka tutup radiator pada saat mesin mobil masih panas, dapat menyebabkan uap dan air bertekanan tinggi akan lepas dapat mengakibatkan luka bakar serius jika terkena Anda.

Periksa kebocoran pada air radiator
Periksa air radiator dan segera isi kembali jika airnya telah banyak berkurang. Perhatikan juga bagian bawah mesin mobil saat Anda mengisi air radiator. Jika saat pengisian terdapat air yang menetes maka ada kemungkinan overheating disebabkan oleh kebocoran saluran air.

Cek termostat
Seperti halnya termostat pada AC di rumah, termostat di kendaraan diperlukan untuk mengatur suhu mesin. Kegagalan termostat dapat menyebabkan kerusakan pada mesin karena tidak memungkinkan cairan pendingin mengalir seperti yang dimaksudkan oleh produsen kendaraan.

Putuskan tetap jalan atau panggil bantuan
Jika radiator hanya kekurangan cairan dan Anda bisa mengisinya, ini tidak masalah. Isi dan lanjutkan perjalanan. Namun, jika Anda rasa overheat ini terlalu parah bisa ikuti petunjuk ini:

– Jika air terlihat habis sama sekali, jangan jalankan mobil.
– Jika bantuan mudah didapat, kamu bisa minta mobil derek daripada harus mengendarainya.
– Jika tidak ada bantuan atau kondisi tidak aman, lebih baik kamu teruskan mengemudi demi keselamatan.

Jika memang kita harus berkendara dengan kondisi mesin overheat, sebaiknya kita dapat mengambil langkah mematikan AC mobil, nyalakan heater untuk mengurangi panas mesin, awasi selalu petunjuk temperatur, menepi, dan matikan mesin jika perlu.

Lalu, jalankan mobil dengan stabil dan yang perlu diperhatikan adalah jangan jalan bila kondisi jalan macet lebih baik menunggu hingga kemacetan berkurang.