Kenali Teknologi Hill Start Assist pada Mobil, Bantu Berkendara di Tanjakan dan Turunan!

23 May 23

Foto: Mobil Menanjak, Sumber: Eiver

Good People! Seringkali jalan menanjak dan menurun yang ekstrem merupakan tantangan bagi kita pengendara, terutama bagi kita yang masih pemula. Selain kondisi mobil harus prima, pengemudi juga dituntut untuk bisa menggunakan pedal rem dan pedal gas agar mobil tidak kehilangan tenaga.

Nah Good People tahu nggak kalau seiring berkembangnya teknologi pada mobil, fitur keamanan pada mobil kian lengkap, khususnya pada sistem rem dan stabilitas. Hal ini tentu saja membuat kendaraan semakin mudah dikendarai serta dapat memberikan keamanan lebih kepada pengendara terutama pada saat menanjak dan menurun. Salah satu fitur keamanan yang tidak kalah penting adalah Hill Start Assist (HSA).

Pengertian Hill Start Assist

Hill start assist adalah sebuah fitur penahan mobil di tanjakan atau fitur anti mundur pada jalan menanjak. Mobil yang memiliki fitur Hill Start Assist (HSA) akan mendeteksi jika melewati jalan tanjakan dan sensornya akan mendeteksi arah putaran roda meskipun sangat pelan sampai hampir diam.

 

Cara Kerja Hill Start Assist?
Fitur ini bekerja menggunakan dua sensor yang dapat mendeteksi lingkungan sekitar ketika mobil berada di tanjakan atau turunan.

Sensor pertama yaitu akan membaca kondisi menanjak pada mobil ketika bagian depan mobil terindikasi lebih tinggi dari bagian belakang. Sementara sensor kedua yaitu bekerja untuk membaca kecepatan putaran roda. Jadi, sensor ini mengirimkan informasi pada sistem pengereman untuk melepaskan rem secara otomatis selaras dengan tekanan gas yang diberikan pengemudi.

Pada prosesnya, sistem kerja HSA akan mempertahankan tekanan rem dalam jangka waktu tertentu saat kaki pengemudi berpindah tempat dari pedal rem ke pedal gas. Setelah pedal gas diinjak, maka HSA memberikan pelepasan rem untuk membantu mobil mendaki tanjakan lebih maksimal.

Nah itu tadi sedikit pembahasan mengenai fitur Hill Start Assist pada mobil, Good People! Semoga kita semua bisa berkendara dengan lebih aman dan tetap memprioritaskan diri kita dan keluarga.