preload

Mengemudi Aman dan Nyaman di Jalan Macet

09 May 16

web - artikel - macet

 

Macet merupakan hal yang biasa terjadi di jalan, terutama di jalan ibu kota. Namun, terjebak dalam kemacetan sering kali membuat pengemudi yang lelah menjadi lebih emosi, sehingga tak jarang Anda melihat pengemudi yang marah-marah, membunyikan klakson, bahkan menyalip tanpa mempedulikan pengemudi lain.

 

Oleh karena itu, penting untuk tetap sabar dan waspada untuk menghindari saling bersenggolannya kendaraan Anda dengan kendaraan lain. Berikut tips mengemudi aman dan nyaman yang dapat Anda terapkan saat terjebak macet.

 

Tetap Fokus ke Depan

Saat terjebak macet, penting untuk tetap fokus ke depan. Hal ini penting, guna mewaspadai pergerakan kendaraan di depan Anda atau mengurangi kecepatan kendaraan, sehinga kendaraan dapat melaju dengan jarak yang aman.

 

Waspada Kendaraan di Depan

Saat jalan macet, Anda harus mewaspadai pergerakan kendaraan di depan Anda. Sehingga, saat kendaraan di depan berhenti mendadak, Anda akan lebih waspada dan terhindar dari risiko terbenturnya kendaraan Anda dengan kendaraan di depan Anda. Terlebih bila kemacetan terjadi di jalan menanjak, Anda harus ekstra waspada karena kendaraan di depan dapat bergerak mundur sewaktu-waktu. Jadi, Anda dapat memperingati pengemudi kendaraan tersebut dengan membunyikan klakson.

 

Siap Lampu Isyarat/Sein

Lampu isyarat atau sein diciptakan untuk mengurangi risiko kecelakaan pada kendaraan saat akan berbelok atau memotong arah. Selain itu, lampu sein merupakan kelengkapan wajib suatu kendaraan. Lampu sein sangat penting digunakan saat di jalan macet. Apabila Anda akan berpindah jalur jangan lupa untuk menyalakan lampu sein, guna memberi tahu kendaraan di belakang bahwa Anda akan memotong jalur. Saat akan memotong jalur pun jangan terburu-buru, untuk menghindari risiko bersenggolannya kendaraan Anda dengan kendaraan lain.

 

Jaga Jarak Kendaraan

Menjaga jarak aman di tengah lalu lintas merupakan salah satu syarat untuk menjaga keselamatan berkendara. Sedangkan, saat Anda berada di tengah lalu lintas yang padat atau pun macet, sulit untuk memosisikan kendaraan dengan tepat. Namun, penting untuk Anda memperhitungkan jarak kendaraan Anda dengan kendaraan lain, terutama kendaraan di depan dan belakang Anda. Hal ini berguna untuk mengantisipasi pergerakan mendadak kendaraan lain, sehingga memperkecil risiko saling senggolnya kendaraan.

 

Berpikir Positif

Terakhir, terkadang Anda menemukan pengemudi yang membuat kegaduhan di jalan, sehingga membuat kemacetan semakin parah. Untuk itu, penting bagi Anda tetap berpikir positif, agar tidak membahayakan diri maupun kendaraan Anda.

 

 

Itu adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan saat terjebak dalam kemacetan. Jangan lupa, untuk tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan memerhatikan kondisi kendaraan terutama ban kendaraan Anda. Dengan kondisi kendaraan yang optimal perjalanan akan lebih nyaman dan aman, sehingga keselamatan Anda akan lebih terjamin.

 

 

 

 

 

 

Source:

http://www.mekanikmitsubishi.com/tips-pintar-mengendarai-mobil-saat-kondisi-jalan-sedang-macet.html

http://mobiloka.com/blog/mengemudi-saat-terjebak-macet/

http://www.kursusmengemudisurabaya.com/tips-mengemudi-mobil-saat-macet/

http://www.asapmobil.com/tips-cara-mengendarai-mobil-saat-macet/