preload

5 Barang Wajib di Mobil, Saat Musim Hujan

13 Oct 16

75

 

Musim hujan masih diprediksi mengguyur Indonesia per bulan Oktober ini. Di musim hujan dengan intensitas yang tinggi seperti sekarang ini, pengemudi diharapkan dapat lebih waspada saat mengemudi. Meskipun pengemudi kendaraan roda empat dianggap aman dari hujan, namun tetap saja, saat bepergian pengemudi harus mempersiapkan segala keperluan agar terhindar dari basahnya air hujan.

Keperluan tersebut berupa barang yang akan diperlukan pada saat keluar dari kendaraan. Seperti apakah barang-barang yang wajib ada di dalam kendaraan pada saat musim hujan? Berikut adalah daftarnya.

Payung

Pada saat musim hujan, payung penting untuk selalu tersedia di dalam kendaraan. Hal ini karena payung akan sangat diperlukan saat akan keluar dari kendaraan di tengah hujan. Namun perlu diperhatikan, pada saat menyimpan payung di dalam kendaraan usahakan lokasi payung tidak mengganggu konsentrasi mengemudi. Selain itu, sebaiknya jenis payung yang digunakan adalah jenis payung lipat agar tidak terlalu memakan banyak tempat dan mengganggu kenyamanan mengemudi.

Sandal

Selain payung, sandal juga termasuk barang yang wajib kamu simpan di kendaraan selama musim hujan. Hal ini karena, akan terasa kurang nyaman ketika turun tetap memakai sepatu atau bahkan bertelanjang kaki. Pertama, jika memaksakan keluar dari kendaraan di tengah hujan menggunakan sepatu, sepatu akan basah dan membuat tidak nyaman selama mengemudi. Kedua, jika memaksakan keluar dari kendaraan di tengah hujan dengan bertelanjang kaki, akan berisiko kaki terkena benda tajam selama melintasi genangan air. Jadi ada baiknya selalu menyimpan sandal di dalam kendaraan, tidak perlu mahal asal nyaman selama dipakai.

Lap (jenis Plas Chamois)

Yang tidak kalah penting adalah lap atau kanebo. Hal ini karena benda ini mampu menyerap air dengan cepat. Sehingga pada saat hujan lebat yang membuat kaca depan berembun dan mengganggu pandangan, kanebo bisa menjadi solusinya. Dengan mengelap menggunakan kanebo maka kaca depan pun akan bersih kembali. Namun ketika hujan reda, gunakan kanebo untuk membersihkan sisa air pada kaca depan dari luar, kaca spion, serta kaca belakang kendaraan. Hal ini berguna agar pandangan bersih kembali dan mencegah bercak dari sisa air.

Pakaian Ganti

Selain ketiga barang di atas, jangan lupa juga selalu menyediakan pakaian ganti untuk mengantisipasi pakaian yang kamu pakai terkena air hujan. Dengan membawa pakaian ganti maka penampilanmu akan selalu terlihat bersih, rapi, serta tidak terlihat seperti habis terkena air hujan ketika akan menemui seseorang yang penting. Sehingga hujan tidak menjadi alasanmu untuk tampil berantakan di depan orang lain.

Perlengkapan Kendaraan

Yang terakhir, penting untuk kamu selalu bawa perlengkapan kendaraan seperti tool kit, dongkrak, tyre pressure gauge, kunci roda, dan ban cadangan di saat apapun, terutama pada saat musim hujan seperti ini. Dengan selalu membawa perlengkapan kendaraan, kamu akan menjadi lebih siap saat menghadapi masalah pada kendaraan seperti ban bocor. Tentu hal ini akan sangat mengganggu terlebih terjadi di lokasi yang sepi dan jauh dari bengkel ditambah lagi cuaca hujan yang lebat.

Jika ban mobil sudah terasa bocor maka sebaiknya segera menepi di tempat yang cukup teduh untuk mulai mengganti ban yang bocor. Atau jika terlalu sulit, segera hubungi Goodyear Care Center (0-800-1-222-777) untuk layanan penggantian ban bocor dari Goodyear Worry Free Program. Layanan dan fasilitas dari Worry Free Program akan membuatmu selalu tenang saat mengemudi meskipun di cuaca hujan sekalipun.

Itulah barang-barang yang harus kamu bawa di kendaraan saat musim hujan. Meskipun kamu tetap aman dari air hujan saat berada di dalam kendaraan, namun barang-barang ini akan membantumu terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Jangan lupa juga untuk memastikan kendaraan dalam keadaan optimal sebelum mulai mengemudi. Hal ini agar kamu dapat mengemudi dengan aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.