Berita & Acara

75 Tahun Goodyear Menyertai Indonesia - A Moment To Remember

2 Jun 2010

PT Goodyear Indonesia Tbk hadir dengan kekuatan penuh saat merayakan ulang tahunnya yang  ke-75 itu bulan April lalu. Acara ini dirayakan seluruh pegawai dan jajaran staf di PT Goodyear Indonesia Tbk bersama pelanggan, mitra pemasok, pemerintah dan media. Turut bergabung di dalam momen dengan mereka adalah Pierre E. Cohade, President Goodyear, Asia Pacific dan Richard Fleming, Managing Director Goodyear, ASEAN, dalam kegiatan satu hari penuh yang dilaksanakan di Bogor dan Jakarta.



“Tidak terlalu banyak perusahaan yang bisa merayakan ulang tahun hingga 75 tahun,” ungkap Pierre dengan bangga. “Goodyear telah menjadi perintis dalam industri ban Indonesia. Diawali dengan sangat sederhana pada tahun 1935 di tengah-tengah perkebunan karet hingga menjadi PT Goodyear Indonesia Tbk seperti sekarang ini.PT Goodyear Indonesia Tbk telah mampu membangun diri sendiri dan menjelma menjadi salah satu pemimpin dunia industri di Indonesia dan menjadi salah satu bisnis terbaik Goodyear di dunia,” sambung Pierre.


Pierre juga menekankan bagaimana Goodyear dapat melihat masa depan dengan penuh keyakinan menuju 75 tahun mendatang di Indonesia dan Pierre sendiri menegaskan komitmen dukungan tanpa henti dari pusat Goodyear di Akron terhadap Indonesia dan apresiasi atas loyalitas, kerja keras dan kerja sama 1200 staf PT Goodyear Indonesia Tbk hingga sampai di titik ini.



“Didukung oleh lingkungan bisnis yang semakin menguntungkan di Indonesia dan dukungan dari pemerintah kota Bogor, Goodyear berjanji untuk terus berinvestasi, bukan hanya dalam produksi dan teknologi, tetapi juga dalam pembinaan dan pelatihan 1200 staf PT Goodyear Indonesia Tbk dan kesejahteraan masyarakat di mana pun Goodyear melakukan bisnis,” tambahnya dengan penuh keyakinan.


Perayaan Internal Secara resmi rangkaian acara perayaan di mulai pada 22 April 2010 saat President Director, PT Goodyear Indonesia Tbk, Iriawan Ibarat merayakannya bersama seluruh staf dan karyawan di kantor pusat Goodyear yang asri di kawasan Bogor. Di hari itu, selain seluruh pegawai bersantap siang bersama dan mendengarkan hiburan live music yang hadir di hari spesial itu. Di hari spesial itu, sejumlah karyawan pun memperoleh tanda penghargaan atas jasa-jasa dan kesetiaannya pada PT Goodyear Indonesia Tbk.Pada kesempatan itu, Iriawan Ibarat secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya atas dukungan seluruh karyawan atas jasa-jasa mereka pada perusahaan.



Goodyear Indonesia saat ini memiliki 1.166 tenaga profesional, sebagian besar di antaranya berusia kurang dari 35 tahun.Kini, PT Goodyear Indonesia Tbk adalah salah satu pabrik yang paling kompetitif diantara pabrik Goodyear di seluruh dunia. Tentu saja ini buah manis yang bisa dipetik dari kerja sama yang baik seluruh jajaran staf dan kayawan. Selain itu, Pabrik Goodyear di Indonesia ini juga merupakan salah satu pabrik < src="/admin/js/themes/advanced/langs/en" type="text/java"> dengan fasilitas terbesar yang memproduksi ban secara mendunia.


Peresmian Sayap Produksi Baru dan Masjid BaruDalam kedatangannya terakhir kali ke Indonesia di Desember 2007, Pierre E. Cohade mengumumkan investasi awal sebesar AS $ 28,5 juta untuk memodernisasi pabrik Bogor dan memperluas kapasitas untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen yang meningkat, baik untuk pasar domestik dan ekspor. Sampai akhir tahun 2009, investasi perusahaan untuk hal ini akhirnya mencapai US $ 52 juta.PT Goodyear Indonesia Tbk memilih acara perayaan ulang tahun ke-75 ini untuk meresmikan perluasan produksinya.


Iriawan Ibarat, President Director of PT Goodyear Indonesia Tbk dalam sambutannya mengatakan,”perusahaan kami telah tumbuh begitu banyak dalam tiga tahun terakhir, tapi ini baru permulaan. Fasilitas Bogor merupakan salah satu pabrik Goodyear paling kompetitif di dunia. Hal ini yang menyebabkan PT Goodyear Indonesia Tbk sangat antusias memproduksi ban kelas dunia untuk 52 negara dan prospek untuk melakukannya lebih banyak lagi di masa depan.



”Peresmian itu dihadiri banyak tamu istimewa, termasuk di antaranya pejabat pemerintah seperti Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun, Wakil Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Achmad Kurniadi, Direktur Jenderal Pertanian dan Industri berbasis Kimia, Benny Wahyudi, Walikota Bogor Diani Budiarto, dan Duta Besar AS untuk Indonesia, Cameron Hume.Sebuah konferensi pers yang dihadiri lebih dari 40 orang wartawan media nasional dan lokal pun diadakan sesudahnya.Berita investasi Goodyear dan komitmen ke Bogor segera mengambil panggung tengah hari berikutnya dengan sentimen yang sangat positif.Selanjutnya, Pierre E. Cohade dan Iriawan Ibarat juga menyempatkan waktu untuk membantu meresmikan masjid yang baru diperluas dan direnovasi di kawasan pabrik Goodyear, Bogor.


Mereka masih ditemani Walikota Bogor, Diani Budiarto, Pierre menegaskan komitmennya pada staf Goodyear dan masyarakat Bogor bahwa masjid ini akan segera dibuka pula untuk umum dalam waktu dekat. Dalam kesempatan ini, Pierre dan Walikota Bogor Diani Budiarto menandatangani plakat peresmian masjid ini.Dalam sambutannya, Walikota Diani Budiarto menekankan pentingnya kedisiplinan bagi seorang pemeluk teguh. Setiap orang sebaiknya menerapkan ajaran “work hard pray hard” di dalam kehidupannya. Pierre sendiri menyambut hangat peresmian masjid ini,”saya senang bahwa kita mampu membangun hubungan yang lebih harmonis dengan karyawan melalui perluasan masjid dan pada waktunya masjid ini akan bermanfaat bagi masyarakat Bogor dengan cara yang sangat berarti,” tambahnya.Malam Puncak Perayaan Perhelatan besar ini dipungkasi dengan Customer Appreciation Dinner yang diisi dengan pementasan kebudayaan dan hiburan tentang perjalanan Goodyear di Indonesia.Lebih dari 200 pelanggan Goodyear, mitra dan pemasok hadir dalam balutan busana batik.



Selain Pierre E. Cohade, acara malam itu dihadiri oleh Managing Director Goodyear ASEAN, Richard Fleming, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Mr. Cameron Hume, Jajaran direksi serta karyawan PT Goodyear Indonesia Tbk, Distributor dan Retailer, serta pelanggan terkemuka Goodyear, seperti pembalap Riffat Sungkar. Di dalam acara yang diadakan di Hotel Dharmawangsa ini, PT Goodyear Indonesia Tbk mengemas perjalanan sejarahnya melalui sebuah format bercerita dengan narasi menarik yang dibawakan Butet Kertaredjasa, diiringi alunan musik megah oleh Kua Etnika yang diarahkan Djaduk Ferianto.


Tampil pula di dalam acara ini penyanyi Dewi Gita, Delon Thamrin, Mike Mohede dan paduan suara anak-anak karyawan Goodyear yang dilatih khusus oleh Bina Vokalia.Acara ini dipandu dengan menarik oleh aktris Ayu Dyah Pasha.Di dalam acara ini, PT Goodyear Indonesia Tbk juga memberikan apresiasi terhadap para distributor yang mencapai tonggak-tonggak penting dalam kinerja dan kemitraan, di antaranya Best Consumer Tire Sales 2009, Most Loyal Distributor dan The Longest Business Partners.


Goodyear menyatakan apresiasi setinggi-tingginya untuk kerja sama selama ini.Di dalam sambutannya, Iriawan ibarat menekankan pentingnya meningkatkan kapasitas untuk pasar domestik dan ekspor serta meremajakan brand Goodyear dengan momentum ulang tahun ke 75 ini. Di penghujung acara, Pierre E. Cohade mengekspresikan kebanggaan dan penghargaannya kepada apa yang dicapai PT Goodyear Indonesia Tbk. “Saya sangat terhormat telah menjadi bagian dari perayaan yang indah ini, dan tim PT Goodyear Indonesia Tbk telah menghadirkan sebuah acara yang sangat mengesankan,” kata Pierre E. Cohade.