Tips Ahli Mengemudi Dengan Baik

Ahli mengemudi bukan hanya dimiliki oleh pembalap. Apakah anda juga siap?

Jangan menjadi pengemudi yang agresif – kendalikan emosi saat mengemudi

Berteriak, menekan klakson berulang2, menginjak rem mendadak, menyalip dengan memotong jalur, mengebut,mengemudi dangan tidak patut – dapat mengakibatkan situsai menjadi tidak nyaman yang menimbulkan gangguan membahayakan pengemudi lain. Jagalah emosi saat mengemudi karena akan sangat berbahaya. Jangan mengemudi saat marah, kesal atau lelah. Hindari pertengkaran sekalipun anda benar. Mengalah dan tetap kendalikan emosi disaat mengemudi .

Kembali ke atas

Hindari pengemudi agresif

Bila pengemudi lain terlihat emosional dengan anda, hindari terlibat lebih jauh. Mengalah dan jangan memandang pengemudi tersebut. Tetaplah kunci pintu dan tutup jendela anda dengan rapat. Jangan meremehkan pengemudi agresif yang dapat membahayakan anda.

Kembali ke atas

Tetap waspada

Jagalah kondisi fisik dan mental anda dengan baik saat mengemudi. Istirahat yang cukup dan hindari pengaruh alcohol ataupun obat2an. Hindari kegiatan yang menggangu saat mengemudi seperti makan ataupun mengobrol.

Kembali ke atas

Hindari kelelahan mengemudi

Kelelahan mengemudi – mengantuk dapat mengakibatkan pandangan mengabur karena terlalu lelah mengemudi/penat – adalah hal penting yang harus di sadari. Saat mengemudi jarak jauh, berhentilah lebih sering, untuk beristirahat atau tidur. Bacalah petunjuk jalan atau pindahkan focus mata anda pada hal lain sepert membaca petunjuk jalan yang berbeda2. Yakinkan diri bahwa anda cukup istirahat. Bila anda kehilangan konsentrasi mengemudi, berhentilah. Beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Kembali ke atas

Mengemudilah dengan waspada

Selalu siap dalam segala kondisi dalam menghadapi pengemudi lain, apabila mereka tidak waspada dengan apa yang sedang terjadi – atau berpikir apa yang harus dilakukan dalam keadaan tertentu. Bila anda tidak dapat menghindari tabrakan, pilihlah resiko bahaya terkecil. Contohnya, anda dapat kesempatan lebih baik dengan keluar jalur mengemudi/area berumput dibandingkan dengan menabrak mobil di depan anda.

Kembali ke atas

« Kembali ke Panduan Keselamatan Mengemudi